Posted in Motivasi, Renungan, Rohani

Setiap Orang Punya Talenta

“Jangan lalai dalam mempergunakan karunia yang ada padamu, yang telah diberikan kepadamu oleh nubuat dan dengan penumpangan tangan sidang penatua.” (I Timotius 4 : 14)

Ini adalah kisah seorang gadis kecil bernama Gilian yang ada di dalam buku The Innovation Secrets of Steve Jobs karya Carmine Gallo.

Gillian bikin orangtuanya pusing kepala. Ulangan – ulangannya jelek, tugas sekolah terlambat mengumpulkan, dan ia tidak bisa berkonsentrasi di kelas. Guru dan pembimbing di sekolah sudah tiba pada kesimpulan, Gillian perlu dipindahkan ke sekolah kebutuhan khusus. Ibunya membawa dia ke psikolog di sekolah itu. Setelah mewawancarai Gilian, si psikolog keluar untuk ngobrol dengan ibu Gillian. Sambil keluar ia sengaja menghidupkan radio.

Di lorong, lewat jendela kaca mereka dapat melihat ke dalam kantor. Tampak Gillian dengan luwes bergerak – gerak menari mengikuti irama musik di radio. Betapa anggun dan alami perkembangannya! Psikolog itu lalu mengatakan, “Bu, putri Ibu tidak ada masalah. Bawa saja dia ke sokolah tari.” Dan benar saja, pada tahun – tahun berikutnya seorang Gillian Lynne pun berkolaborasi dengan Andrew Llyod Webber yang akhirnya melahirkan teater musikal hebat seperti Cats dan The Phantom of The Opera.

Sobat Talenta, dalam kehidupan ini mungkin kita merasa tak sehebat orang lain dan tak seberuntung orang lain atau lain sebagainya. Tetapi percayalah, bahwa setiap kita pasti diciptakan memiliki bakat dan talenta masing – masing walaupun saat ini mungkin belum kita sadari. Oleh karena itu, seringkali kita justru masih sibuk berkonsentrasi pada satu hal yang menjadi kelemahan kita, dan tidak berusaha mencari atau menemukan kekuatan kita.

Jadi yang sekarang menjadi tugas dan tanggung jawab kita adalah menemukan talenta itu dan mengerti apa tugas kita dengan talenta itu, lalu mengerjakannya semaksimal mungkin. Ingatlah satu hal, bahwa orang – orang di sekitar kita bukanlah kompetitor yang harus kita kalahkan, melainkan harus kita berkati dengan talenta ataupun bakat kita. Jangan memperhatikan keahlian yang dimiliki orang lain, lalu merasa minder. Namun biarlah kita fokus mengembangkan talenta kita dan mengerjakan tugas yang Tuhan berikan, maka jangan terkejut kalau kehidupan kita pasti akan penuh dengan keberhasilan dan kebahagiaan. Bagaimana menurut Anda?

Based on Talenta Renungan Inspirasi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s