Posted in Motivasi, Renungan, Rohani

Melepaskan untuk Mendapatkan

“Barangsiapa mempertahankan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya, dan barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan memperolehnya.” (Matius 10 : 39)

Ada seorang pemuda hendak menangkap seekor kera di hutan. Berkali – kali ia mencoba menangkap kera – kera tersebut, ia selalu gagal. Hingga suatu hari, pemuda itu pun menyiapkan sebuah perangkap. Dia meletakkan kacang di dalam sebuah kotak yang di atasnya diberi lubang kecil dan dibiarkan terbuka. Dan itu membuat kera p19un tertarik pada kacang yang ada di dalam kotak tersebut. Kera itu mulai mendekati kotak dan memasukkan tangannya untuk mengambil kacang. Kera pun lalu menggenggam kacang itu dan mengepalkan tangannya sehingga tangannya tidak dapat keluar dari lubang kotak. Kera tersebut sudah menggunakan berbagai macam cara agar tangannya bisa lepas namun tidak juga berhasil, hal ini disebabkan karena kera itu begitu gigih mempertahankan kacang yang terus dia genggam meskipun kera itu harus ditangkap oleh manusia.

Sobat Talenta, mungkin kita menganggap kera pada cerita si atas begitu bodoh, tetapi mari kita renungkan bersama berapa banyak dari kehidupab orang percaya juga melakukan hal yang sama. Memang sudah menjadi sifat alamiah manusia jika maunya hanya menerima atau mendapat, tapi tidak mau kehilangan atau memberi. Kita berpikir bahwa semakin kita berhemat untuk diri sendiri, ditambah dengan menerima dari orang lain, maka kita akan semakin bertambah – tambah dan berkelimpahan. Itu yang ada dalam pemikiran manusia dan juga menjadi prinsip hidup orang dunia. Kita sulit untuk melepaskan zona nyaman kita atau apa yang kita miliki. Pada dasarnya, dalam hidup ini kita harus belajar melepaskan hak – hak kita agar hidup kita dapat dikuasai sepenuhnya oleh Tuhan Yesus, dan bukan dikuasai oleh nafsu kedagingan dan sifat egoisme kita. Karena pada saat Tuhan Yesus menguasai hidup kita, maka percayalah bahwa kehidupan kita akan berhasil dan penuh dengan kemenangan, penuh dengan sukacita, penuh dengan kelimpahan dan damai sejahtera. Bagaimana menurut Anda?

Based on Talenta Renungan Inspirasi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s