Posted in Pengalaman

Bagaimana Respon Anda Tentang Pencemaran Nama Baik?

Terkadang sebuah humor yang terlalu berlebihan dapat merusak hubungan seseorang, apalagi menyangkut nama baik dan harga diri. Hal inilah yang pernah saya alami ketika salah saorang rekan saya mengupload sebuah video dan foto yang tidak pantas tanpa seizin saya di salah satu media sosial. Usilnya tidak main-main lho… Dia mengupload menggunakan akun saya untuk menuliskan hal itu. Bagaimana perasaan anda jika anda mengalami hal itu?

Sempat terbersit dalam hati untuk mempelajari hukum di Florida tentang pencemaran nama baik (Florida defamation law) dan melaporkannya agar dia kapok. Saya pun juga mencoba mempelajari hukum pencemaran nama baik yang ada di Indonesia. Dendanya bukan main, hampir 1 miliar lho… Memang mengerikan sekali. Tapi apakah cara itu benar?

Amsal 22:1, “Nama baik lebih berharga dari pada kekayaan besar, dikasihi orang lebih baik dari pada perak dan emas.” Menjaga nama baik dan profil kita memanglah tidak mudah. Ayat ini saya temukan ketika saya membaca salah satu blog yang pernah saya tulis. (Baca: nama baik). Jika saya mengikuti emosi saya, maka masalah ini tidak akan pernah selesai. Cukup menghapus berita itu dan melakukan “unfriend” untuk menghindari kekesalan berlanjut.

Hari berganti hari, saya pun mulai menyadari bahwa kita tidak bisa melihat masalah itu dari kacamata kita sendiri sebagai korban. Kita juga harus mengamati bagaimana latar belakang orang itu, bagaimana dia bergaul dan kehidupannya dengan orang lain. Umur pun juga bisa menjadi penentu mengapa seseorang melakukan hal itu. Terkadang rasa untuk diperhatikan juga menjadi alasan mengapa seseorang melakukan hal itu. Mengapa saya berbicara demikian? Karena saya pernah melakukan hal itu juga dengan cara lain dan membuat orang di sekitar saya menjadi kesal.

Jadi, pesan yang bisa saya sampaikan di sini adalah janganlah emosi anda menghanyutkan hidup anda ketika perlakuan tidak baik turun kepada anda. Tetapi mintalah hikmat Tuhan agar anda bisa melihat permasalahan anda untuk menjadikan anda siap menuju dewasa. Bagaimana menurut anda?

Leave a Reply

