Posted in Motivasi, Renungan, Rohani

Menguasai Diri

bobby-jones“Orang yang sabar melebihi seorang pahlawan, orang yang menguasai dirinya, melebihi orang yang merebut kota.” (Amsal 16 : 32)

Bobby Jones, salah satu pemain golf terbesar di dunia, baru berusia lima tahun ketika ia mulai mengayunkan sebuah stik golf. Pada usia dua belas tahun, ia memenangkan beberapa turnamen – turnamen klub. Pada saat itu ia dikenal karena sifat pemarahnya dan ia segera diberi julukan “Pelempar Stik”.

Jones berteman dengan seorang pria bernama Kakek Bart, yang bekerja paruh waktu di sebuah toko di klub itu. Kakek Bart dulunya juga seorang pegolf hebat, namun mengundurkan diri ketika radang sendi menyerang kedua tangannya. Setelah Bobby kalah dalam Turnamen Amatir Nasional ketika berumur empat belas tahun, kakek Bart berkata kepadanya, “Bobby, kamu cukup bagus untuk memenangkan turnamen itu, tapi kamu tak akan pernah bisa menang sebelum kamu bisa mengendalikan sifat pemarahmu. Kamu luput melakukan sebuah pukulan, kamu gusar dan akhirnya tak heran kalau kemudian kamu kalah.”

Bobby tahu apa yang dikatakan Kakek Bart itu benar, jadi ia lalu berusaha memperbaiki, bukan hanya ayunan stik golfnya, namun yang jauh lebih penting ia juga memperbaiki ayunan suasana hatinya. Ketika Bobby memenangkan sebuah turnamen besar pada usia dua puluh satu tahun, Kakek Bart berkata, “Bobby menguasai golf sejak ia berumur empat belas tahun, namun ia baru dapat menguasai dirinya sendiri ketika ia berumur dua puluh satu tahun.”

Sobat Talenta, menurut anda manakah yang jauh lebih penting, menguasai suatu keahlian atau keterampilan terlebih dahulu ataukah menguasai hati atau emosi kita terlebih dahulu? Ada begitu banyak orang yang pandai dalam satu hal, namun mengalami kegagalan hanya karena mereka tidak dapat menguasai hati ataupun emosi mereka. Jadi mari belajar untuk menguasai diri kita terlebih dahulu, karena orang yang sabar melebihi seorang pahlawan dan orang yang menguasai dirinya, melebihi orang yang merebut kota. Bagaimana menurut Anda?

Based on Talenta Renungan Inspirasi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s