Posted in Motivasi, Renungan, Rohani

T E K N O L O G I

relationship“Apa yang telah kami lihat dan yang telah kami dengar itu, kami beritakan kepada kamu juga, supaya kamupun beroleh persekutuan dengan kami. Dan persekutuan kami adalah persekutuan dengan Bapa dan dengan Anak-Nya, Yesus Kristus.” (I Yohanes 1 : 3)

Aku menghabiskan satu jam di sebuah bank dengan ayahku. Beliau hendak mentransfer sejumlah uang. Aku tak bisa menahan diri untuk bertanya. “Aduh yah, harusnya ayah menggunakan internet banking sehingga semuanya mudah.” Ayahku pun heran dan berkata, “Saya rasa itu tidak perlu. Tak ada gunanya itu” Aku pun mencoba beradu argumen dengannya, “Tapi yah, kalau kita ada internet banking kita tidak perlu menghabiskan sejam hanya untuk transfer. Kita bahkan bisa belanja online, dan segala sesuatunya akan menjadi sangat mudah.” Ayahku lantas bertanya, “Jadi kita tidak harus keluar rumah?” Dan aku pun segera mengiyakan, bahkan aku terus mempromosikan internet banking agar kejadian ini tak terulang lagi, dimana aku harus antri berjam – jam hanya karena ingin transfer uang. Namun, tiba – tiba sang ayah memotong antusiasku dan mulai bercerita mengapa ia menolak internet banking, “Sejak ayah masuk ke bank hari ini, ayah sudah bertemu dengan 4 teman, mengobrol sebentar dengan pegawai bank yang sudah mengenal keluarga kita dengan baik. Kamu tahu, Nak. Ayah dan ibumu kan tinggal sendirian. Temanlah yang kami perlukan.” Ayahku melanjutkan. “Saat ini, bagi ayah, pertemuan dengan orang lain terasa penting. Dua tahun lalu, Ayah jatuh sakit. Pemilik warung langganan dan anaknya menjenguk ayah, duduk di ruang keluarga, menemani mengobrol dan menghibur kami. Ketika ibumu jatuh waktu jalan pagi beberapa hari lalu, petugas keamanan keliling melihatnya dan segera mengantarkan ibu ke rumah, sebab ia tahu di mana kami tinggal. Sekarang pertanyaannya apakah ayah dan ibu akan mengalami sentuhan manusia jika segala sesuatu menjadi online? Ayah ingin mengenal pribadi yang sedang berelasi dengan ayah. Ini menciptakan ikatan dan rasa aman. Nak, teknologi memang penting tapi bukanlah inti kehidupan. Ingat untuk meluangkan waktu bersama orang – orang di sekitarmu, bukan dengan gadget.”
Sobat Talenta, kemajuan jaman membuat kita dengan mudah mengakses segala hal, sehingga kita melupakan untuk menjalani hubungan dengan orang lain. Bahkan saat orang malas ke gereja pun, sekarang sudah disediakan ibadah dengan sistem streaming yang memudahkan kita untuk mengaksesnya. Pertemuan pribadi satu dengan yang lain sudah bukan lagi hal yang utama, bahkan seberapa sering kita melihat saat sebuah keluarga keluar makan malam bersama, mereka masih sibuk dengan alat telekomunikasinya masing – masing. Perkembangan teknologi memang bukanlah sesuatu yang jelek, namun jika perkembangan itu membawa kita untuk jauh berhubungan satu dengan yang lain, ya kita harus mulai bisa untuk mengontrolnya. Mulai hari ini, marilah kita belajar untuk menjalin kembali hubungan yang sudah terputuskan, karena saatnya akan tiba nanti kita juga membutuhkan orang lain dalam hidup kita. Jadi, teknologi memang bisa membuat orang – orang yang jauh menjadi dekat, namun jangan sampai membuat orang – orang yang dekat menjadi jauh. Bagaimana menurut Anda?

Based on Talenta Renungan Inspirasi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s