Posted in Motivasi, Renungan, Rohani

Bijaksana Dalam Perkataan

pohon“Demikian juga lidah, walaupun suatu anggota kecil dari tubuh, namun dapat memegahkan perkara – perkara yang besar ….” (Yakobus 3 :5a)

Pada suatu kali istri saya memindahkan tanaman dari satu pot ke pot lainnya. Ternyata tanaman itu menunjukkan gejala – gejala yang negatif. Kata orang, tanaman juga bisa stres, salah satunya adalah ketika dipindahkan. Saya tidak tahu benar atau tidak, tapi yang pasti tanaman itu terlihat tidak segar dan mulai layu. Iseng – iseng saya mendekati tanaman itu dan entah kenapa saya pun berkata, “Kamu tidak boleh mati. Kamu itu dipindahkan supaya bisa tumbuh lebih baik dan lebih besar. Ayo bangkitlah!” Tidak tahu apakah perkataan itu memang didengar oleh tanaman atau tidak, yang pasti keesokan harinya tanaman itu mulai terlihat baik kembali dan sampai saat ini tumbuh dengan suburnya. Selain kejadian itu, saya juga teringat dengan kisah tanaman anggur di rumah saya. Setiap hari oleh saudara saya, tanaman tersebut selalu diberikan kata – kata yang positif, yakni berbuah yang banyak dan manis ya! Dan benar saja, tanaman tersebut berbuah manis dan banyak, hingga suatu saat saudara saya tersebut tidak pernah lagi berkata – kata kepada tanaman anggur tersebut. Dan apa yang terjadi, tanaman tersebut tidak lagi berbuah lebat, dan buah yang dihasilkan pun menjadi masam. Ya, saya memang bukan ahli tanaman dan saya tidak tahu apakah itu kebetulan atau tidak, tetapi faktanya tanaman itu memberikan dampak terhadap kata – kata positif yang saya dan saudara saya berikan kepadanya.

Sobat Talenta, dalam kehidupan ini, kuasa dari perkataan adalah sangat besar. Ya, memang lidah kita ini kecil, tetapi melalui lidah dan mulut kita, justru banyak perkara besar yang bisa kita lakukan. Seseorang bertengkar hanya karena kata – kata, seorang putus asa juga bisa disebabkan oleh cacian orang lain. Namun, dalam waktu yang bersamaan seseorang bisa kembali bersemangat hanya karena kata – kata positif yang diberikan kepadanya.

Jadi, marilah kita bijaksana mengeluarkan setiap perkataan dan ucapan kita kepada sekeliling kita, bahkan kepada diri kita sendiri. Berhenti mengeluh, pada saat kita memulai hari baru, namun ucapkan kata – kata yang membangun iman kita dalam segala perkara yang kita lakukan, niscaya kita akan memberikan hasil yang lebih bagus lagi dalam usaha dan pekerjaan kita. Bagaimana menurut Anda?

Based on Talenta Renungan Inspirasi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s