Posted in Motivasi, Renungan, Rohani

Alasan Di Balik Setiap Peristiwa

sheep“Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.” (Roma 8 : 28)

Dahulu kala di sebuah desa terpencil, tinggallah salah satu keluarga yang takut akan Tuhan, mereka sepasang suami istri yang cukup setia dan bersukacita melayani Tuhan. Tetapi mereka dikejutkan dengan kematian anak tunggalnya yang begitu cepat meninggalkan dunia. Mereka pun kecewa, berduka dan sedih lalu berkata, “Mulai sekarang kami berdua tidak mau melayani Tuhan lagi. Kami telah setia melayani-Nya, Dia bukan saja tidak memberkati, malah membuat anak kami mati.” Demikianlah mereka menjalani kehiduapan mereka sehari – hari dengan bersungut – sungut, berkesal hati, penuh marah dan sewenang – wenang. Mereka menjadi sepasang suami istri yang tidak lagi seperti dahulu. Mereka menjauhi Tuhan hingga 9 tahun lamanya. Hingga pada suatu hari, saat si suami berada di hutan, terlihatlah ada seorang gembala domba yang sedang sibuk menyeberangkan kawanan dombanya melewati sebuah anak sungai. Di masa itu, sungai – sungai tidak memiliki jembatan yang layak seperti sekarang ini, di anak sungai itu hanya ada papan – papan melintang menghubungkan kedua tepi. Bagi kita manusia, jembatan itu akan mudah dilalui. Akan tetapi bagi hewan khususnya domba, hal ini akan sangat sulit sekali berjalan di atasnya. Lagipula domba adalah hewan penakut dan bodoh. Sebab itu, sesekali si gembala mencambuk dan mendorong mereka, tetapi mereka tetap tidak berkutik dan tidak berani menyeberang. Gembala yang kelelahan dan kehabisan ide bagaimana agar domba – dombanya menurut, lalu mencoba mengambil seekor anak domba kesayangan induk dombanya, dan kemudian digendonglah domba kecil itu dan berhasil menyebrangi jembatan tersebut. Sang induk yang melihat anak kesayangannya berhasil, segeralah induk domba dan kawanan lainnya mencoba memberanikan diri melewati jembatan itu. Sebagai induk domba ia memberanikan diri menempuh bahaya untuk mengikuti anaknya. Apa yang dilihat oleh si suami ini, segeralah ia berkata, “Cukuplah”. Ia merasakan terbangun dari tidur panjangnya atas kasih Tuhan. Dan beberapa hari kemudian ia bersaksi, “Karena Tuhan tidak menghendakiku tertinggal di seberang sungai ini, maka Dia telah membawa anakku menyeberang lebih dulu. Domba yang begitu bodoh itu saja mengetahui dan akhirnya memberanikan diri untuk menyeberang, dan mengapa aku masih saja bersungut – sungut dan bukannya mempersiapkan diri untuk menyeberang ke tempat anakku, yaitu di surga?”

Sobat Talenta, ada banyak cara agar kita kembali mengingat sang Pencipta. Karena di dalam dunia ini, ada dua jenis pewahyuan, yakni yang umum dan khusus. Kadang Tuhan bisa memakai wahyu – wahyu umum untuk membuat kita kembali kepadaNya, misalnya melalui alam semesta atau kejadian – kejadian di sekitar kita. Namun, seringkali hal ini tidak dianggap oleh diri kita sendiri bahkan kita cuek dengan wahyu yang Tuhan berikan. Satu hal yang harus kita ingat, bahwa Tuhan mempunyai banyak cara untuk mengembalikan anak – anakNya kepada rumahNya yang abadi. Apakah ada diantara kita yang mungkin baru saja kehilangan orang yang kita kasihi? Jangan pernah kecewa dan bersungut – sungut kepada Tuhan, karena Tuhan sedang menuntun kita semua menuju rumah abadi yang sudah Dia persiapkan yakni di surga yang kekal. Jadi, untuk segala sesuatu yang terjadi di muka bumi ini, Tuhan selalu punya alasan. Dan berita baiknya adalah, Dia selalu memberikan alasan yang terbaik di balik setiap peristiwa yang kita alami, untuk kebaikan kita semua anak – anakNya yang dikasihiNya. Bagaimana menurut Anda?

Based on Talenta Renungan Inspirasi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s