Posted in Motivasi, Renungan, Rohani

H I K M A T

tambang“Janganlah meninggalkan hikmat itu, maka engkau akan dipeliharanya, kasihilah dia, maka engkau akan dijaganya” (Amsal 4 : 6)

Suatu hari, ada seorang turis asing menyewa taksi untuk keliling – keliling melihat kota Jakarta. Ini pertama kalinya turis itu ke Jakarta, waktu tiba di sekitar bundaran Hotel Indonesia, sang turis bertanya, “Ehmmm…berapa lama ya…kira – kira hotel ini dibangun?”

“Hmm…mungkin sekitar dua tahun mister,” kata si supir taksi dengan lugunya.

“Wah, kalau di negara saya paling lama satu tahun nih, bangun gedung seperti ini, karena ini sich gampang banget” jawab si turis.

Perjalanan tersebut diteruskan dan akhirnya mereka tiba di sekitar Monas.

Sang turis bertanya, “Kalau yang ini namanya apa?”

“Oooo kalau ini tugu Monas mister” jawab si supir dengan polos.

“Kalau begitu berapa lama ini dibangun?”

Mengingat kejadian tadi si sopir menjawab dengan nada mantap dan bijak, “Satu tahun saja!”

Kemudian si turis menjawab, “Kalo di tempat saya membangun yang ginian paling setengah tahun.” Selanjutnya mereka tiba dan berhenti di sekitar Senayan. Lalu sang turis dengan penasaran dan bertanya, “Kalau ini apa namanya? Dan berapa lama dibangun?”

Mengingat dua kejadian yang sangat menjengkelkan si sopir menjawab dengan rasa kesal, “Nggak tau, Mister. Yang jelas, kemaren sih belum ada!!!”

Sobat Talenta, apakah kita pernah sakit hati akibat diremehkan oleh orang lain? Mungkin kita pernah merasa kesal dan jengkel melihat kesombongan orang lain yang dipamerkan di depan kita dengan tujuan untuk merendahkan dan menyudutkan kita. Untuk mengatasi hal tersebut kita perlu hikmat Tuhan agar bisa tetap mengatakan kebenaran tanpa ikut terbawa arus menyombongkan diri kita. Jangan pernah merasa sakit hati akibat kesombongan orang lain, karena hal itu akan merugikan diri kita sendiri. Namun biarlah kita selalu mempunyai pengendalian diri dan tuntunan dari Roh Kudus, supaya hikmat yang dari surga itu selalu ada dalam setiap tindakan dan perkataan kita. Karena orang lain bisa saja lebih hebat daripada kita dalam beberapa hal, namun saat kita mempunyai hikmat yang dari Roh Kudus, maka tidak ada seorangpun yang bisa merendahkan kita. Bagaimana menurut Anda?

Based on Talenta Renungan Inspirasi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s