Posted in Motivasi, Renungan, Rohani

Be Your Self

cass-daley“Sebab Engkaulah yang membentuk buah pinggangku, menenun aku dalam kandungan ibuku.” (Mazmur 139 : 13)

Ada sebuah cerita tentang seorang gadis yang ingin sekali menjadi seorang penyanyi. Ia menyadari bahwa di dalam dirinya tersimpan kemampuan dan bakat menyanyi. Namun, ada hal yang membuatnya merasa kurang yakin dan tidak percaya diri, yaitu penampilan fisiknya yang tidak secantik para penyanyi pada umumnya. Bibir dan giginya tidak seindah yang lainnya. Suatu hari untuk pertama kalinya ia menyanyi di sebuah club. Agar kekurangan di bibir dan giginya tidak terlalu terlihat, ia bernyanyi dengan sangat hati – hati tanpa membuka mulutnya dengan lebar. Alhasil ia justru ditertawakan karena penampilannya terasa tidak wajar.

Setelah kejadian yang tidak mengenakkan itu, gadis tersebut kemudian mulai melupakan kekurangan fisiknya dan berusaha menyanyi dengan lepas dan wajar. Kini ia hanya memikirkan bagaimana penonton bisa puas. Akhirnya ia berhasil menjadi juara, baik sebagai bintang film maupun sebagai bintang radio. Gadis itu bernama Cass Daley, anak seorang dirigen orkes.

Kini, ketika Cass Daley berusaha menjadi dirinya sendiri dengan segala kelebihan dan kekurangannya, justru ada begitu banyak aktor dan aktris yang ingin menjadi sepertinya dan menirunya. Padahal sebelumnya, Cass Daley tidak percaya akan penampilannya dirinya. William James mengatakan bahwa seseorang yang selalu ingin menjadi seperti orang lain dan tidak pernah menemukan diri pribadinya sebenarnya hanya mengembangkan 10% kemampuan mental yang ia miliki. Padahal, masih banyak kemampuan di dalam dirinya yang bisa digunakan secara maksimal bila mereka mau menjadi dirinya sendiri.

Sobat Talenta, Tuhan sudah melengkapi kita dengan segudang kemampuan dan potensi yang tidak dimiliki orang lain. Dan kita hanya dapat menjadi pribadi yang terbaik bila bersedia menggunakan setiap kemampuan kita dengan maksimal, dan bersedia menerima kelemahan dan kekurangan di dalam diri kita, sebagai alarm yang akan selalu menjaga dan mengingatkan agar kita tidak menjadi takabur dan sombong. Namun jika kita selalu berusaha menjadi seperti orang lain, kita telah menutup pintu untuk menerima anugerah Tuhan yang terbaik di dalam diri kita. Jadi berhentilah menjadi orang lain, dan jadilah yang terbaik yang kita mampu, sebab Tuhan sendiri yang membentuk dan menenun kita sejak di dalam kandungan. Bagaimana menurut Anda?

Based on Talenta Renungan Inspirasi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s