Posted in Motivasi, Renungan, Rohani

Tindakan Nyata Lebih Penting

not-action-talk-only“Karena kami mempunyai pengharapan yang demikian, maka kami bertindak dengan penuh keberanian” (II Korintus 3 : 12)

Suatu hari, seorang ilmuwan bertanya kepada guru agamanya, “Pak, apakah inti penting dari agama?”

“Jangan melakukan segala dosa, sebaliknya jalankan semua amal dan kebaikan,” jawab sang guru agama.

Ilmuwan itu menganggap bahwa itu adalah jawaban yang terlalu standard yang terlalu luas dan kurang jelas. “Apa yang Bapak katakan itu terlalu sederhana. Anak berusia tiga tahun pun tahu dengan jawaban seperti itu,” ujarnya.

“Memang anak kecil juga akan mengerti, tetapi orangtua yang telah berusia delapan puluh tahun belum tentu bisa melakukannya,” jawab sang guru.

Sobat Talenta, banyak motivator, buku – buku laris, dan seminar yang memberi kita tips atau penjelasan bagaimana menempuh jalan sukses. Namun akhirnya hanya sebagian kecil saja yang benar – benar mengecap keberhasilan dalam hidup yang bahagia itu. Mengapa? Karena kita sering kali hanya sebatas membaca dan tahu, tetapi tidak berlanjut melakukannya dan bertindak secara nyata. Hampir setiap minggu ada begitu banyak anak – anak Tuhan datang beribadah ataupun mendengar Firman melalui berbagai media sosial, namun hidupnya tetap tidak mengalami kemajuan rohani. Hidupnya tetap bergelimang dosa dan tidak ada perubahan dalam hidupnya karena kita terkadang hanya sekedar tahu namun tidak melakukan Firman yang kita dengar atau tidak menerapkan apa yang kita tahu dalam tindakan nyata sehari – hari.

Benjamin Disraeli berkata, “Tindakan tidak selalu membawa kebahagiaan, tetapi tidak ada kebahagiaan tanpa tindakan.”

Berapa banyak dari kita yang mendengar seseorang ingin kaya, ingin terkenal, ingin pintar, tetapi ia sendiri tidak melakukan apa – apa. No action, talk only. Segudang ilmu dan pengetahuan tidak akan berguna bila kita tidak pernah menggunakannya.

Tindakan nyata selalu lebih efektif dan membuat kita memiliki kemampuan yang lebih daripada orang yang hanya mempelajari teori saja. Jadi, apa yang menjadi impian kita hari ini? Apa yang menjadi tujuan hidup kita? Bergeraklah, dan mari lakukan sesuatu untuk mencapainya. Jangan biarkan tujuan hidup kita hanya tinggal impian dan kenangan saja, hanya karena kita tidak berbuat apa – apa, karena orang yang tidak berbuat apa – apa tidak boleh mengharapkan apa – apa. Bagaimana menurut Anda?

Based on Talenta Renungan Inspirasi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s