Posted in Kotbah GBI ROCK Tampa, Rohani

Self Identity

Ps. Budiman Koswara

rockPruning berbicara tentang proses dan tantangan yang ada di dalam kehidupan anda. Ketika seseorang tidak mengetahui identitas dirinya, dia akan mengalami proses yang salah. Di dunia ini, banyak orang yang bertanya pada Tuhan, apa rencanaNya di dalam kehidupan mereka. Coba anda perhatikan di dalam Pengkotbah 3:1, “Untuk segala sesuatu ada masanya, untuk apa pun di bawah langit ada waktunya.” Jika anda tidak mengetahui tujuan hidup anda, hal ini tidak berarti bahwa anda dilahirkan dengan percuma. Beberapa dari kita cenderung menggunakan hidup kita dengan tidak semestinya dikarenakan tujuan hidup yang salah.

Dr. Myles Munroe pernah menuliskan sebuah quote: “The greatest tragedy in life is not death, but a life without a purpose” (tragedi yang terbesar di dalam hidup ini bukanlah kematian, melainkan sebuah kehidupan tanpa tujuan). Tuhan mengetahui siapa diri anda. Mintalah hikmat kepadaNya sehingga anda berbuah.

Identitas Diri (Self Identity)

Identitas diri menggambarkan tentang sebuah lensa yg anda pakai untuk melihat diri anda sendiri. Cermin adalah salah satu contohnya. Ketika anda bercermin, anda melihat gambaran diri anda. Jika anda perhatikan baik-baik diri anda, anda akan menemukan seperti apakah anda. Apakah anda melihat diri anda berharga atau malah anda melihat diri anda terhina? Ataukah anda melihat seseorang gagal atau berhasil di dalam kehidupannya? Semua persepsi itu tergantung dari kacamata anda. Andalah yang bisa menentukan identitas diri anda.

Harga Diri (Self Worth)

Dari identitas diri, akan melahirkan nilai harga diri. Harga diri menggambarkan tentang nilai yang anda letakkan atas diri anda sendiri. Ketika anda memiliki harga diri, anda akan menentukan tindakan yang anda ambil. Harga diri juga akan menentukan nilai yang akan dilakukan seseorang terhadap diri anda. Seperti halnya sebuah barang kesayangan anda. Seberapa bernilai barang itu?  Apa yang akan anda perbuat ketika barang yang anda miliki sangat bernilai? Percaya atau tidak, anda akan menjaganya dengan hati-hati, bukan? Demikian juga arti sebuah harga diri atas kehidupan anda. Karena harga diri yang benar akan menentukan rencana Tuhan di dalam kehidupan anda.

Identitas diri menghasilkan harga diri, dan harga diri yang benar akan menentukan otoritas. Dalam Amsal 23:7, “Sebab seperti orang yang membuat perhitungan dalam dirinya sendiri demikianlah ia. “Silakan makan dan minum,” katanya kepadamu, tetapi ia tidak tulus hati terhadapmu.”

Terdapat 3 hal mengapa identitas diri itu penting?

  1. Identitas diri menentukan respon kita kepada rencana Allah.
  2. Identtas diri yang salah akan menghalangi rencana Tuhan yang terjadi di dalam kehidupan anda.
  3. Identitas diri yang keliru akan menghalangi anda untuk menikmati janji Tuhan

Coba anda perhatikan kisah kedua belas pengintai di dalam Bil 13:32-33, “Juga mereka menyampaikan kepada orang Israel kabar busuk tentang negeri yang diintai mereka, dengan berkata: “Negeri yang telah kami lalui untuk diintai adalah suatu negeri yang memakan penduduknya, dan semua orang yang kami lihat di sana adalah orang-orang yang tinggi-tinggi perawakannya. Juga kami lihat di sana orang-orang raksasa, orang Enak yang berasal dari orang-orang raksasa, dan kami lihat diri kami seperti belalang, dan demikian juga mereka terhadap kami.” Mereka (para pengintai) memiliki sudut pandang yang keliru. Mereka minder dan menganggap diri mereka seumpama belalang, dan musuh mereka seumpama orang-orang raksasa. Jika anda perhatikan cerita tentang kedua belas pengintai, di sana terdapat sudut pandang yang berbeda dari para pengintai dengan Yosua dan Kaleb. Coba anda telusuri di dalam Bil 14:6-7, “Tetapi Yosua bin Nun dan Kaleb bin Yefune, yang termasuk orang-orang yang telah mengintai negeri itu, mengoyakkan pakaiannya, dan berkata kepada segenap umat Israel: “Negeri yang kami lalui untuk diintai itu adalah luar biasa baiknya. Jika TUHAN berkenan kepada kita, maka Ia akan membawa kita masuk ke negeri itu dan akan memberikannya kepada kita, suatu negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya.”

Yosua dan Kaleb memiliki harga diri yang benar sehingga mereka memiliki otoritas dalam membangun identitas diri mereka. Ketika mereka mendapatkan otoritas dari Tuhan, munculah keamanan dan rasa percaya diri. Jika anda di posisi mereka sebagai para pengintai, bagaimana respon anda? Sebuah otoritas didapatkan ketika seseorang memiliki identitas dan harga diri yang benar.

Yak 4:2b-3, “Kamu tidak memperoleh apa-apa, karena kamu tidak berdoa. Atau kamu berdoa juga, tetapi kamu tidak menerima apa-apa, karena kamu salah berdoa, sebab yang kamu minta itu hendak kamu habiskan untuk memuaskan hawa nafsumu.” Tanyalah Tuhan apa yang Tuhan mau di dalam kehidupan anda karena Tuhan mengerti setiap kebutuhan kita.

Mazmur 139:14-16, “Aku bersyukur kepada-Mu oleh karena kejadianku dahsyat dan ajaib; ajaib apa yang Kaubuat, dan jiwaku benar-benar menyadarinya. Tulang-tulangku tidak terlindung bagi-Mu, ketika aku dijadikan di tempat yang tersembunyi, dan aku direkam di bagian-bagian bumi yang paling bawah; mata-Mu melihat selagi aku bakal anak, dan dalam kitab-Mu semuanya tertulis hari-hari yang akan dibentuk, sebelum ada satupun dari padanya.” Tuhan menciptakan anda dengan cara yang ajaib. Dia akan memberi kekuatan kepada anda untuk melakukan perkara-perkara yang besar. Seperti dalam Ef 2:10, “Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya.” Jadi bagaimana identitas diri anda?

 Sumber : Ringkasan kotbah Minggu (24 Juli 2016) di GBI R.O.C.K Tampa

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s