Posted in Motivasi, Renungan, Rohani

J A T I D I R I

Lion king“Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak – anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya.” (Yohanes 1 : 12)

Film – film kartun Walt Disney sangat terkenal dan digemari banyak orang. Karena selain menghibur, biasanya terselip nilai – nilai moral yang indah. Contohnya dalam film Lion King, terdapat nilai yang indah tentang menemukan jati diri.

Dalam film itu, dikisahkan Simba kecil, yaitu anak sang raja hutan, merasa bersalah karena telah menyebabkan kematian ayahnya. Padahal bukan dia pelakunya, pelaku sebenarnya tidak lain adalah adik ayahnya sendiri. Pamannya yang jahat itu justru menuduhnya sebagai pelaku. Untuk merebut kekuasaan, pamannya bahkan menyuruh Hyena membunuh Simba kecil. Karena takut dan sedih, Simba kecil melarikan diri sejauh – jauhnya, berusaha melupakan masa lalu dan kegagalannya. Ia hidup bergaul dengan babi hutan dan meerkat, sejenis musang. Ia makan makanan mereka, menjalankan hidup seperti mereka, dan melupakan jati dirinya sebagai raja hutan.

Suatu hari meerkat, temannya itu, diserang seekor singa betina. Simba berusaha menolong temannya dan bergelut dengan singa itu. Ternyata singa itu adalah Nala, temannya waktu kecil. Nala meminta Simba kembali untuk menyelamatkan kerajaan dari pamannya yang jahat. Tetapi karena dibayang – bayangi kegagalan masa lalu, Simba tidak mau kembali. Kemudian baboon, dukun istana, datang dan menyuruh Simba melihat ke air. Simba kaget melihat ayahnya ada disana, yang tak lain adalah dia melihat wajahnya sendiri yang mirip sekali dengan wajah ayahnya yang perkasa. Akhirnya melalui kejadian itu, ia disadarkan akan jati dirinya yang sebenarnya, yaitu bahwa dirinya adalah si raja hutan yang perkasa. Simba akhirnya kembali ke hutan wilayahnya, dan merebut kembali tahtanya dari tangan pamannya yang jahat itu.

Sobat Talenta, mungkin kita pernah gagal seperti Simba atau pun tokoh Alkitab yang bernama Musa. Kita tidak berani menghadapi masa lalu. Namun, jangan melarikan diri. Bangkitlah! Dengan pertolongan Tuhan, kita bisa, menemukan jati diri dan mengatasi kegagalan kita. Mari menyadari bahwa kita ini adalah anak – anak Allah yang perkasa. Kita mempunyai kuasa untuk menaklukkan setiap tantangan kehidupan, karena ada Roh Kudus di dalam kita. Yang perlu kita lakukan hanyalah menyadari dan sadar sesadar – sadarnya akan jati diri kita yang sesungguhnya, yaitu bahwa kita adalah anak – anak Allah yang diberi kuasa. Bagaimana menurut Anda?

Based on Talenta Renungan Inspirasi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s