Posted in Kotbah GBI ROCK Tampa, Rohani

Spiritual Growth

Ps. Chris Mesach

rock2 Pet 3:18, “Tetapi bertumbuhlah dalam kasih karunia dan dalam pengenalan akan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus. Bagi-Nya kemuliaan, sekarang dan sampai selama-lamanya.” Bertumbuh adalah kehendak Tuhan di dalam kehidupan kita. Alkitab mengajarkan kita bagaimana pentingnya sebuah pertumbuhan.

  1. Pertumbuhan adalah salah satu akibat dari kedewasaan
  2. Pertumbuhan adalah salah satu tanda kehidupan

Manusia yang hidup adalah manusia yang bertumbuh. Selama anda bernafas, anda diminta untuk bertumbuh di dalam Tuhan.

  1. Pertumbuhan adalah salah satu tanda dari sebuah pergerakan

Hidup yang bertumbuh harus memiliki kualitas.

 

Terdapat beberapa tanda orang yang kelihatan bertumbuh, namun tidak.

  1. Spiritual maturity is not a matter of AGE

Pertumbuhan tidak dilihat dari umur seseorang. Menjadi tua itu pasti, tapi menjadi dewasa adalah sebuah keputusan.

  1. Spiritual maturity is not a matter of APPEARANCE

Penampilan tidak menjadi ukuran sebuah Pertumbuhan. Tanda pertumbuhan dewasa yang palsu adalah mereka lebih mementingkan untuk mempercantik apa yang ada di luar, bukan di dalam. Marilah kita mengisi rohani kita dengan Firman Tuhan. Karena kecantikan sejati hanya tampak dari dalam.

  1. Spiritual maturity is not a matter of ACHIEVEMENT

Pertumbuhan bukan mengenai prestasi yang anda terima. Dalam hidup ini, kuantitas memang penting, tapi janganlah juga harus memeperkuat kualitas anda.

 

Pertumbuhan tidak berhubungan dengan apa yang anda punya, tapi berhubungan dengan karakter dan sikap dalam diri anda. Kharisma membawa kita menuju ke puncak, namun karakter selalu membawa kita ke puncak. Terdapat 3 tanda pertumbuhan rohani yang sejati:

  1. A spiritual mature person is positive under PRESSURE

Perumbuhan rohani yang sejati adalah ketika anda masih tetap berpikiran positif di bawah tekanan. Dalam Yakobus 1:2-4, “Saudara-saudaraku, anggaplah sebagai suatu kebahagiaan, apabila kamu jatuh ke dalam berbagai-bagai pencobaan, sebab kamu tahu, bahwa ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan. Dan biarkanlah ketekunan itu memperoleh buah yang matang, supaya kamu menjadi sempurna dan utuh dan tak kekurangan suatu apa pun.” Ketika anda mengalami tekanan demi tekanan, kita harus melihat bahwa inilah tanda untuk kita bertumbuh.

  1. A spiritual mature person is sensitive to the needs of other PEOPLE

Seseorang yang bertumbuh dewasa akan memiliki kepekaan untuk memenuhi kebutuhan orang lain, terlebih untuk kebutuhan rohani mereka. Dalam Yohanes 3:17, “Sebab Allah mengutus Anak-Nya ke dalam dunia bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya oleh Dia.”

  1. A spiritual mature person is a PEACEMAKER not a troublemaker

Seseorang yang dewasa akan menjadi pembawa damai, bukan pembuat masalah. Ada sebuah filosofi bernama Socrates. Dia memiliki tiga filter untuk menjadi seorang pembawa damai. Pertama adalah filter kebenaran. Butuh sebuah bukti atas cerita yang yang ia peroleh. Kedua adalah filter kebaikan. Filter ini akan memeriksa cerita tersebut membahas tentang kebaikan atau kejahatan orang lain. Dan terakhir adalah filter kegunaan. Filter ini akan mengecek apakah sesuai dengan kegunaan mereka atau tidak. Dalam Matius 5:9, “Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah.”

  1. A spiritual mature person is PATIENT

Pertumbuhan rohani akan terlihat ketika ada kesabaran di dalam diri anda. Sabar adalah budaya kerajaan Allah. Cepatlah mendengar dan lambat untuk  berkata-kata. Dalam Yakobus 5:7-8, “Karena itu, saudara-saudara, bersabarlah sampai kepada kedatangan Tuhan! Sesungguhnya petani menantikan hasil yang berharga dari tanahnya dan ia sabar sampai telah turun hujan musim gugur dan hujan musim semi. Kamu juga harus bersabar dan harus meneguhkan hatimu, karena kedatangan Tuhan sudah dekat!” Dan Mazmur 27:14, “Nantikanlah TUHAN! Kuatkanlah dan teguhkanlah hatimu! Ya, nantikanlah TUHAN!”

Jadi maukah anda memiliki pertumbuhan rohani yang sejati?

Sumber : Ringkasan kotbah Minggu (26 Juni 2016) di GBI R.O.C.K Tampa

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s