Posted in Motivasi, Renungan, Rohani

Doa Yang Terbaik

Berdoa“Ya Bapa, jikalau Engkau mau, ambillah cawan ini dari pada-Ku; tetapi bukanlah kehendak-Ku, melainkan kehendak-Mulah yang terjadi.” (Lukas 22 : 42)

Seorang petani mempunyai dua orang anak perempuan. Anaknya yang pertama menikah dengan seorang petani. Sementara yang kedua menikah dengan pembuat pot dan bermacam – macam peralatan dari tanah liat. Ayahnya sering mengunjungi kedua putrinya itu secara bergantian. Dalam salah satu kunjungannya, putri sulungnya meminta ayahnya untuk mendoakan agar lebih sering turun hujan sehingga tanaman padi dan hasil kebunnya dapat tumbuh dengan subur karena air yang melimpah. Ayahnya pun mendoakan keinginan si sulung agar Tuhan lebih sering lagi mendatangkan hujan.
Pada waktu yang lain, sang ayah mengunjungi putrinya yang bungsu. Putrinya mengatakan kepada ayahnya bahwa ingin lebih banyak sinar matahari yang terik, karena sebagai pembuat pot dan bermacam benda dari tanah liat mereka butuh benda – benda itu untuk dijemur di bawah panasnya matahari agar cepat megeras. Putrinya ingin agar ayahnya berdoa lebih banyak sinar matahari yang terik dan panas tanpa hujan sedikit pun. Ayahnya pun kini bingung, karena kedua putrinya mengharapkan sesuatu yang bertentangan. Akhirnya ia mengambil keputusan berani, dan berdoa, “Tuhan, lakukan seperti yang Kau inginkan. Terjadilah menurut kehendak-Mu, karena aku tahu Engkau Tuhan Yang Maha Adil dan Maha Tahu!”
Sobat Talenta, seringkali ada saat – saat dimana kita mengalami kebingungan dalam berdoa untuk memohon sesuatu kepada Tuhan. Salah satu contoh, mungkin kita diminta untuk mendoakan orang sakit yang sedang koma dan siap menghadap Tuhan. Kalau kita berdoa minta kesembuhan, padahal Tuhan memang sudah ingin memanggilnya pulang untuk mengakhiri semua penderitaan dari orang yang sakit ini, maka kita berada dalam sebuah dilema. Hal terbaik yang dapat kita lakukan adalah meminta Tuhan untuk melakukan yang terbaik seturut kehendakNya. Namun adakalanya Tuhan juga ingin kita berdoa untuk kesembuhan seseorang, maka kita pun harus melakukannya sesuai kehendak Tuhan.
Yang terpenting dalam hal ini adalah, sebelum kita berdoa atau memohon sesuatu, mari kita bertanya atau mencari kehendak Tuhan terlebih dahulu, sehingga iman kita tidak terombang – ambing dan kita tidak mengalami kebingungan saat berada dalam sebuah pilihan yang sama – sama sulit. Karena Tuhan Maha Tahu dan Maha Adil. Dialah Alfa dan Omega. Dia tahu sejak dari awal hingga yang paling akhir dari setiap segi kehidupan kita. Jadi mari berdoa seturut kehendak Tuhan, karena kehendak Tuhan pasti yang terbaik bagi setiap kita. Bagaimana menurut Anda?

Based on Talenta Renungan Inspirasi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s