Posted in Motivasi, Renungan, Rohani

Keajaiban Otak Manusia

brain“Aku bersyukur kepadaMu oleh karena kejadianku dahsyat dan ajaib; ajaib apa yang Kaubuat, dan jiwaku benar – benar menyadarinya.” (Mazmur 139 : 14)

Manusia adalah satu – satunya makhluk yang diciptakan serupa dan segambar dengan Allah. Salah satu keistimewaan yang membedakannya dari makhluk ciptaan lain adalah kemampuan otaknya yang luar biasa. Prof. Isaac Asimov menyelidikan otak manusia dan menemukan beberapa hal yang menakjubkan :
• Manusia memiliki 200 miliar sel otak (sebanyak bintang di galaksi);
• Otak manusia mampu menggunakan sekitar 100 miliar bit informasi (sama dengan 500 ensiklopedia)
• Kecepatan gerak pikiran 300 mil per jam (lebih cepat dari kereta api tercepat di Jepang)
• Otak manusia memiliki lebih dari 100 triliyun hubungan (sehingga komputer yang paling canggih pun ketinggalan darinya)
• Setiap 24 jam manusia memiliki 4 ribu ide atau pikiran
Setelah memaparkan penemuannya itu, Prof. Asimov melontarkan pertanyaan menggelitik, kalau otak manusia sedemikian canggih, mengapa kita tidak menjadi pelahat yang lebih baik, tidak mampu mengingat dengan lebih baik dan lebih cepat, dan tidak menjadi lebih kreatif? Paulus menjawab bahwa otak manusia menjadi tumpul karena dosa. “Tetapi pikiran mereka telah menjadi tumpul, sebab sampai pada hari ini selubung itu masih tetap menyelubungi mereka” (2 Korintus 3 : 14a).
Jadi, supaya potensi otak kita bisa berkembang sepenuhnya, pertama, kita perlu dilahirkan dan mengisi otak kita dengan Firman Tuhan. Kedua, kita harus berkata – kata positif. Ketiga, berikan gizi yang cukup. Seperti bagian tubuh lainnya, otak perlu mendapat masukan vitamin, mineral, protein, dan zat – zat lainnya secara lengkap dan seimbang. Keempat, ciptakan minat baca dan kebiasaan belajar yang baik.
Sobat Talenta, Tuhan sudah memberikan potensi yang luar biasa kepada kita. Sekarang tergantung kita akan menggunakan potensi itu semaksimal mungkin atau tidak. Bagaimana menurut anda?

Based on Talenta Renungan Inspirasi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s