Posted in Kotbah GBI ROCK Tampa, Rohani

To Be Christ Likeness

Ps. Yosi Here

rockMenjadi seperti Kristus mengajarkan kita untuk menjadi serupa denganNya. Lalu bagaimana caranya? Ketika anda mendapatkan berkat dari kesembuhan sakit penyakit anda, atau solusi atas masalah keuangan, keluarga, dan lainnya, apa yang anda lihat? Berkat atau sumber berkat itu?Janganlah berkat menjadi penghalang bagi mata anda. Berkat hanyalah sebagai pengantar untuk mengenal Kristus. Jadi kenalilah pribadiNya.

Jika anda berpikir perbuatan baik dan tindakan yang anda lakukan, atau mengikuti acara paskah dan natal di gereja sambil meniru tradisi mereka, membuat anda menjadi serupa dengan Kristus, hal itu salah besar. Kedatangan Kristus untuk membawa kita mengenal kepadaNya.

Kol 1:27, “Kepada mereka Allah mau memberitahukan, betapa kaya dan mulianya rahasia itu di antara bangsa-bangsa lain, yaitu: Kristus ada di tengah-tengah kamu, Kristus yang adalah pengharapan akan kemuliaan!” Jika anda telusuri lagi kata “…Kristus ada di tengah-tengah kamu…” dalam bahasa Inggris, pengertian ini akan lebih jelas karena dikatakan “…Christ within and among you,…” (Kristus ada di dalam dan di antara anda).

Ketika Kristus tinggal di dalam anda, harapan kemuliaan akan datang, bukan harapan dari dunia. Harapan yang diberikan Tuhan bersifat kekal. Jika anda sedang diproses dengan datangnya berbagai macam persoalan di dalam diri anda, tetaplah bersabar dan berharap kepadaNya!

Arti kata Kristus berarti yang diurapi. Sadar atau tidak, kita telah memiliki pengurapan Kristus. Ketika anda melakukan FirmanNya, pengurapan itu mulai teraktivasi.

Hosea 4:6, “Umat-Ku binasa karena tidak mengenal Allah; karena engkaulah yang menolak pengenalan itu maka Aku menolak engkau menjadi imam-Ku; dan karena engkau melupakan pengajaran Allahmu, maka Aku juga akan melupakan anak-anakmu.” Ketika anda berserah dan menyadari ketidakmampuan anda untuk menyelesaikan masalah yang anda tangani, janganlah anda meninggalkan proses di dalam Kristus.

“It’s not for evrybody but it’s worth it for me”. Rasa sakit yang anda alami, mungkin bukan untuk orang lain, tapi untuk anda sendiri. Hal ini diizinkan Tuhan agar anda memiliki pengharapan kepadaNya. Ketika tidak ada orang yang menyerah di dalam hidupnya, mengapa anda menyerah dengan masalah yang sedang anda hadapi? Lihatlah begitu banyak orang masih tetap bersemangat dan tidak menyerah meski kecacatan fisik dan masalah datang menimpanya.

Yer 18:4, “Apabila bejana, yang sedang dibuatnya dari tanah liat di tangannya itu, rusak, maka tukang periuk itu mengerjakannya kembali menjadi bejana lain menurut apa yang baik pada pemandangannya.” Ketika hidup anda di tangan Tuhan, Tuhan akan membentuk sesuai apa yang Tuhan mau, bukan apa yang anda mau. Pengalaman hidup anda yang pahit dan tidak menyenangkan, tidak bisa disimpulkan bahwa hidup anda telah hancur dan tak ada masa depan. Tuhan tidak pernah merancangkan hal yang buruk di dalam hidup anda. Ketika proses itu datang, Tuhan ingin agar hidup anda menjadi lebih baik.

Menurut anda, apa yang terjadi ketika seseorang mau segera mendapatkan hasil secara instan dan tidak mau diproses oleh Tuhan? Inilah yang terjadi oleh bangsa Israel ketika keluar dari tanah Mesir menuju tanah Kanaan, tanah perjanjian. Hanya sebagian dari mereka sajalah yang masuk ke tanah perjanjian, karena bangsa Israel:

  1. Keras Kepala dan Keras Hati

Maz 95:7-11, “Sebab Dialah Allah kita, dan kitalah umat gembalaan-Nya dan kawanan domba tuntunan tangan-Nya. Pada hari ini, sekiranya kamu mendengar suara-Nya Janganlah keraskan hatimu seperti di Meriba, seperti pada hari di Masa di padang gurun, pada waktu nenek moyangmu mencobai Aku, menguji Aku, padahal mereka melihat perbuatan-Ku. Empat puluh tahun Aku jemu kepada angkatan itu, maka kata-Ku: “Mereka suatu bangsa yang sesat hati, dan mereka itu tidak mengenal jalan-Ku. Sebab itu Aku bersumpah dalam murka-Ku: “Mereka takkan masuk ke tempat perhentian-Ku.”

  1. Selalu Bersungut-Sungut

1 Kor 10:9, “Dan janganlah kita mencobai Tuhan, seperti yang dilakukan oleh beberapa orang dari mereka, sehingga mereka mati dipagut ular. Dan janganlah bersungut-sungut, seperti yang dilakukan oleh beberapa orang dari mereka, sehingga mereka dibinasakan oleh malaikat maut.” Yesus mengajarkan kita untuk menjadi orang yang mau melayani dan bukan untuk dilayani. Dia membawa kita kepada sebuah pengertian dimana ketika kita hidup dengan ucapan syukur, maka kita menjadi Kristus. Itu semua karena Yesus menuntun hidup anda.

1 Tes 5:18, “Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu.” Bagi orang yang mengucap syukur:

  • Dia selalu berkata Tuhan yang besar,
  • Dia tidak berdaya tanpa pertolongan Tuhan,
  • Dia mau membangun hubungan kepada Tuhan,
  • Dia mau mengakui bahwa semuanya karena Tuhan
  • Dia mengizinkan Tuhan untuk mengatur hidupnya kepada Tuhan.
  1. Ketidak Sabaran

Ibr 6:15 “Abraham menanti dengan sabar dan dengan demikian ia memperoleh apa yang dijanjikan kepadanya.” Perlu anda ketahui bahwa tidak semua yang anda minta, akan anda dapatkan. Biarpun begitu, tetaplah mengucap syukur. Bersabar dan terus berharaplah kepadaNya karena tidak ada satu perkara pun yang tak bisa dilakukan olehNya. Bagaimana menurut anda?

Sumber : Ringkasan kotbah Minggu (20 Maret 2016) di GBI R.O.C.K Tampa

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s