Posted in Motivasi, Renungan, Rohani

Bekerja atau Bermain?

mainan“Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia” (Kolose 3 : 23)

Seorang perancang sukses yang tinggal di Dallas, Texas, pernah diminta oleh seorang klien untuk membuat sebuah model yang unik dan sangat rumit. Klien itu meminta model tersebut berisi beberapa interior bangunan dan ratusan sosok manusia. Model itu harus diciptakan dalam skala satu inci banding lima kaki, yang berarti masing – masing sosok manusia tingginya hanya satu inci lebih sedikit. Masing – masing harus dilukis tangan menggunakan sebuah kuas yang hanya terdiri dari sehelai rambut.
Suatu hari saat si perancang sedang membungkuk di mejanya dengan seksama, melukis sosok – sosok manusia dan kemudian dengan hati – hati meletakkannya di tempatnya, salah satu pegawainya bertanya kepadanya, “Maaf Pak, saya tidak bermaksud mengganggu pekerjaan bapak, saya hanya penasaran saja dan ingin bertanya, tidakkah Bapak menganggap bahwa pekerjaan ini menjemukan?”
Si perancang menjawab, “Menjemukan? Ya ampun, tentu saja tidak! Saya justru sangat senang membuat dan melukis model sejak saya membuat model pesawat pertama saya sewaktu saya berumur tujuh tahun. Saya justru tidak percaya ada orang yang benar – benar mau membayar saya untuk melakukan hal ini!”
Sobat Talenta, entah kita bekerja dengan tangan kita atau pikiran kita, mencintai apa yang kita lakukan merupakan rahasia untuk “Bersenang – senang” sambil mencari uang. Malah, pekerjaan tidak akan menjadi “pekerjaan” lagi, namun menjadi sebuah “permainan” yang mengasyikkan. Seorang guru TK pernah berkata tentang kelasnya untuk anak – anak berusia lima tahun, “Mereka membangun dan merubuhkan dan membangun lagi lebih sering. Dalam sehari dari pada yang dilakukan para pekerja konstruksi dalam berminggu – minggu, namun mereka tidak pernah menyebutnya pekerjaan. Mereka menyebutnya permainan!”. Jadi cintailah pekerjaan kita, dan mencinta semua aktivitas yang berhasil bukanlah pekerjaan atau aktivitas yang dilakukan dengan tekanan. Namun sebuah pekerjaan yang berhasil adalah pekerjaan atau aktivitas yang dilakukan dengan penuh semangat, dengan penuh sukacita dan dengan penuh cinta. Bagaimana menurut Anda?

Based on Talenta Renungan Inspirasi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s