Posted in Kotbah GBI ROCK Tampa, Rohani

Merubah Cara Pandang Masalah

Ps. Frengky Utana

rockLukas 13:10-17, menceritakan tentang kisah perempuan yang telah delapan belas tahun dirasuki oleh roh, sehingga membuat ia bungkuk dan tidak dapat berdiri lagi dengan tegak. Singkat cerita, Tuhan memberikan kesembuhan kepadanya.

Coba anda simak dengan baik cerita di dalam perikop di atas! Mungkin pada saat ini, anda sedang mengalami rasa “bungkuk”. Kata “bungkuk” di sini berbicara tentang permasalahan yang sedang anda hadapi, baik dalam keluarga, pekerjaan, pergaulan, maupun lingkungan anda.

Akibat bungkuk yang dialami oleh perempuan ini, pandangannya hanya tertuju kepada tanah, yang membuat dia tidak menyadari akan keberadaan Tuhan di situ. Lalu apa maksud “tanah” yang dilihat oleh perempuan ini?

Dalam Kej 3:14, “Lalu berfirmanlah TUHAN Allah kepada ular itu: “Karena engkau berbuat demikian, terkutuklah engkau di antara segala ternak dan di antara segala binatang hutan; dengan perutmulah engkau akan menjalar dan debu tanahlah akan kaumakan seumur hidupmu.” Memandang debu tanah diilustrasikan sebagai makanan si iblis. Hal ini berbicara tentang bagaimana respon anda menanggapi masalah yang sedang anda hadapi. Rasa cemas, khawatir, dan ketakutan, menjadikan diri anda sasaran empuk bagi si iblis. Tak ada iman kepada Tuhan ketika masalah datang, membuat jiwa anda tidak menjadi pemenang.

Dalam Kej 3:19, “dengan berpeluh engkau akan mencari makananmu, sampai engkau kembali lagi menjadi tanah, karena dari situlah engkau diambil; sebab engkau debu dan engkau akan kembali menjadi debu.” Seperti kisah di atas, perempuan ini hanya melihat kelemahan yang ada pada dirinya. Tubuhnya serasa seperti orang hidup, namun imannya telah padam. Hal ini membuat damai sejahtera di dalam dirinya hilang karena dia lupa akan kasih Tuhan.

Bungkuk yang dialami oleh perempuan ini membuat dia mendapatkan kesempatan untuk dipulihkan oleh Yesus. Demikian juga dalam persoalan hidup anda. Apapun masalah atau pergumulan yang sedang anda hadapi saat ini, ingatlah bahwa Tuhan akan memberikan jalan keluar atas permasalahan anda.

Milikilah fokus yang benar ketika anda mengalami masalah di dalam hidupmu! Masalah boleh datang, namun janganlah memandang masalah itu sesuatu yang besar, yang tak dapat diselesaikan. Selalu ingatlah bahwa Yesus akan berkarya di dalam kehidupan anda. Seperti dalam Fil 4:13, dikatakan “Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.”

Jika anda melihat masalah anda lebih besar daripada Tuhan, maka kegelapan yang akan muncul. Cobalah rubah pola pikir anda. Janganlah melihat diri anda menurut pandanganmu, tapi lihatlah menurut pandangan Kristus.

Jika anda memiliki fokus yang benar kepada Tuhan, maka bagaimana caranya anda menjadi konsisten seturut pandanganNya? Dalam 2 Kor 5:17, “Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.” Ketika anda percaya bahwa Yesus adalah Juru Selamatmu, maka kehidupan lama anda telah diganti dengan kehidupan yang baru. Hal ini berbicara tentang spirit atau roh yang ada di dalam diri anda.

Anda diminta untuk menjaga spirit anda agar tidak padam. Bagaimana caranya? Implementasikan Firman yang telah anda peroleh. Anda mungkin sudah tahu bahwa tubuh kita terbentuk dari 3 hal: tubuh, jiwa, dan roh. Jika pikiran anda dikuasai oleh kegelapan, maka rusaklah semuanya itu.

Roh tidak bisa melihat. Ibarat seseorang yang membutuhkan cermin untuk mengetahui penampilannya, demikian pula roh kita membutuhkan Firman untuk menggambarkan kualitas rohmu.

Bagaimana menurut anda?

Sumber : Ringkasan kotbah Minggu (6 Maret 2016) di GBI R.O.C.K Tampa

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s