Posted in Motivasi, Renungan, Rohani

Tampilan Luar

thanks“Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu” (I Tesalonika 5 : 18)

Pada suatu hari terjadi sebuah reuni di rumah seorang professor yang merupakan dosen favorit mahasiswa pada waktu itu. Namun tiba – tiba saja pembicaraan dalam ajang reuni tersebut, berubah menjadi keluhan stress dari para alumni tentang beban hidup mereka masing – masing. Melihat itu, professor pergi ke dapur dan membuat coklat panas di sebuah teko yang besar. Dan ia pun lalu mengambil berbagai macam gelas yang terbuat dari plastik, porselen, kristal, dan lain – lainnya, sebagian gelas adalah bagus dan mahal, sebagian lagi murah dan biasa saja. Ia pun menyuruh para mahasiswanya itu untuk tiap – tiap orang mengambil sendiri gelas berikut coklat panasnya, dan apa yang terjadi, mereka semua mulai mengambil gelas yang mahal dan bagus, sehingga professor tersebut berkata, “Lihatlah kini yang tersisa di meja hanyalah gelas yang biasa dan murah. Ya memang normal bagi manusia untuk mengharapkan yang terbaik. Tetapi itulah yang akhirnya menjadi sumber dari masalah dan stress kalian.”

Tiba – tiba professor tersebut melanjutkan, “Cangkir yang mahal atau murah, bukankah tidak menambah kualitas dari coklat tersebut? Rasa coklat itu tetaplah sama, entah coklat itu mau ditaruh di dalam gelas yang mahal, ataupun hanya di taruh di dalam gelas yang murah, rasa coklatnya tetap tidak akan berubah, alias sama aja. Bahkan di kebanyakan kasus, gelas yang mahal itu hanya menambah nilai jual, dan menyembunyikan kualitas yang sebenarnya. Ingatlah dalam kasus ini apa yang kalian inginkan adalah coklat panas dan bukan cangkirnya.” Mereka pun terdiam.

Sobat Talenta, dalam hidup ini, seringkali kita gagal menikmati apa yang sudah Tuhan sediakan bagi kita, hanya karena kita lebih mengutamakan tampilan di sebelah luarnya, sehingga kita menjadi sulit untuk mengucap syukur. Seperti misalnya, kita tidak puas dengan kendaraan yang kita pakai saat ini, dan menginginkan yang jauh lebih bagus seperti milik tetangga. Padahal yang terpenting adalah kendaraan itu bisa mengantarkan kita kemanapun dengan baik, nyaman dan selamat. Uang dapat membeli obat tetapi bukan kesehatan. Uang dapat membeli rumah, tapi bukan rumah tangga. Uang dapat membeli persahabatan, tapi bukan sahabat. Uang dapat membeli makanan, tapi bukan selera. Uang dapat membeli hiburan, tapi bukan kebahagiaan. Uang dapat membeli tempat tidur, tapi bukan tidur yang nyenyak. Uang dapat membeli salib, tapi bukan Juruselamat. Uang dapat membeli hidup mewah, tapi bukan hidup kekal. Jadi, rahasia supaya kita bisa mengucap syukur dalam segala hal adalah jangan hanya mengutamakan penampilan luarnya. Penampilan luar itu memang perlu, tapi bukan yang utama. Bagaimana menurut Anda?

Based on Talenta Renungan Inspirasi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s