Posted in Kotbah GBI ROCK Tampa, Rohani

Seed of Love

Ps. Yosi Here

rockKasih Tuhan bukanlah kasih yang manusia katakan, tapi Ia buktikan lewat hidupnya. Dalam 1 Petrus 1:23, “Karena kamu telah dilahirkan kembali bukan dari benih yang fana, tetapi dari benih yang tidak fana, oleh firman Allah, yang hidup dan yang kekal.” Coba anda lihat barang yang anda miliki saat ini. Apa yang akan terjadi dengan barang anda setelah beberapa tahun lamanya? Dengan berjalannya waktu, maka barang tersebut akan digantikan dengan generasi berikutnya dan itu semua bersifat fana. Tuhan tidak ingin agar anda memiliki kehidupan yang fana, dimana anda hanya diam dan bertumbuh sebatas kemampuan anda. Tuhan ingin memperbaharui kehidupan anda dengan meletakkan benih yang kekal.

Kata “living” dalam bahasa Inggris di 1 Petrus 1:23, berbicara tentang roh yang hidup, dimana Allah menghembuskan nafas hidupNya kepada manusia pertama, Adam. Lalu tahukah anda mengapa Tuhan juga meletakkan benih itu dalam hidup anda?

  1. Identity

Beberapa orang tidak mengetahui identitas di dalam dirinya, meskipun dia telah melakukan yang baik di mata Tuhan. Setiap dari kita memiliki identitas yang berbeda-beda, ketika sebuah masalah datang. Hal ini akan terlihat bagaiamana respon dan identitas sejati anda akan keluar tatkala hal itu terjadi.

Roma 8: 14-15, “Semua orang, yang dipimpin Roh Allah, adalah anak Allah. Sebab kamu tidak menerima roh perbudakan yang membuat kamu menjadi takut lagi, tetapi kamu telah menerima Roh yang menjadikan kamu anak Allah. Oleh Roh itu kita berseru: “ya Abba, ya Bapa!“ Janganlah khawatir akan masa depan anda. Bukankah Tuhan mengatakan di dalam Yeremia 29:11, bahwa anda dan saya akan mendapatkan rancangan damai sejahtera? Kita adalah adalah manusia yang merdeka, dimana tidak ada lagi roh perbudakan yang menghantui setiap langkah kita. Jadi milikilah dan tampilkan identitas sejati anda.

  1. Rebuild

Coba anda bayangkan! Tidak akan ada seorang pun yang menghancurkan rumahnya ketika dia selesai membangunnnya. Dalam Kolose 2: 7-8, “Hendaklah kamu berakar di dalam Dia dan dibangun di atas Dia, hendaklah kamu bertambah teguh dalam iman yang telah diajarkan kepadamu, dan hendaklah hatimu melimpah dengan syukur. Hati-hatilah, supaya jangan ada yang menawan kamu dengan filsafatnya yang kosong dan palsu menurut ajaran turun-temurun dan roh-roh dunia, tetapi tidak menurut Kristus.” Anda butuh untuk membangun kembali anda denganNya. Karena kita semua adalah Dia adalah Pokok Kehidupan kita.

Yesaya 60:1, “Bangkitlah, menjadi teranglah, sebab terangmu datang, dan kemuliaan TUHAN terbit atasmu.” Jika anda telusuri kisah ini, bangsa Israel sedang mengalami pesimis. Namun ingatlah! Firman Tuhan itu Ya dan Amin, tinggal bagaimana anda meresponinya. Ketika anda sedang memperkatakan Firman, anda sedang membangun kehidupan anda. Apa yang sedang anda bangun hari ini, akan dituai oleh genarasi anda akan berdampak di masa depan. Mari membangun kehidupan anda untuk generasi anda karena itu salah satu tujuan benih itu diletakkan.

  1. Encounter

Milikilah pola hidup yang benar dimana setiap apa yang anda lakukan, merupakan tuntunan dari Tuhan. Lihatlah kisah Abraham di dalam Kejadian 15:9-12,17, “Firman TUHAN kepadanya: “Ambillah bagi-Ku seekor lembu betina berumur tiga tahun, seekor kambing betina berumur tiga tahun, seekor domba jantan berumur tiga tahun, seekor burung tekukur dan seekor anak burung merpati.” Diambilnyalah semuanya itu bagi TUHAN, dipotong dua, lalu diletakkannya bagian-bagian itu yang satu di samping yang lain, tetapi burung-burung itu tidak dipotong dua. Ketika burung-burung buas hinggap pada daging binatang-binatang itu, maka Abram mengusirnya. Menjelang matahari terbenam, tertidurlah Abram dengan nyenyak. Lalu turunlah meliputinya gelap gulita yang mengerikan. Ketika matahari telah terbenam, dan hari menjadi gelap, maka kelihatanlah perapian yang berasap beserta suluh yang berapi lewat di antara potongan-potongan daging itu.” Tuhan menjanjikan Abraham untuk menjadi bapa bangsa besar. Kita adalah generasi dari Abraham dan kita juga adalah umat perjanjianNya. Tuhan ingin agar anda memiliki perjumpaan pribadi denganNya sehingga benih itu akan tumbuh sesuai dengan apa yang Tuhan inginkan.

 

Jadi ingatlah! Benih itu ada di dalam diri anda. Milikilah identitas yang benar di dalam Tuhan dan bangunlah semuanya itu dengan berjumpa denganNya. Ketika anda tetap teruji dalam proses Tuhan hingga selesai, anda akan bisa melesat seperti anak panah yang terbang tinggi mengenai sasaran. Bagaimana menurut anda?

Sumber : Ringkasan kotbah Minggu (14 Pebruari 2016) di GBI R.O.C.K Tampa

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s