Posted in Motivasi, Renungan, Rohani

Bagaimana Kita Menanggapi?

success“Memperoleh hikmat sungguh jauh melebihi memperoleh emas, dan mendapat pengertian jauh lebih berharga dari pada mendapat perak.” (Amsal 16 : 16)

Di sebuah desa tinggallah kakak beradik yang hidup sendiri. Kedua kakak beradik ini memiliki kehidupan perekonomian yang berbeda. Mengapa bisa demikian? Seorang tetangga yang melihat dan menyelidiki hal itu mengetahui sebabnya, yaitu karena mereka menuruti wasiat ayahnya. Apa wasiat mereka berbeda? Jawabannya, tidak. Wasiat mereka sama, namun membawa sang kakak semakin kaya dan si adik semakin miskin. Sebelum meninggal, memang ayah mereka berpesan kepada kedua anak ini, yaitu yang pertama jangan pernah menagih hutang kepada orang lain dan kedua janganlah kena sinar matahari secara langsung, dan mereka berdua menepatinya, namun dengan cara yang berbeda. Sang kakak, setiap hari berangkat kerja pagi – pagi buta sebelum matahari terbit dan pulang setelah matahari terbenam supaya tidak terkena sinar matahari secara langsung. Namun si adik berbeda, ia selalu menggunakan taxi untuk berangkat dan pulang kerja. Demikian juga dalam memenuhi wasiat yang pertama, yaitu untuk tidak menagih hutang. Sang kakak tidak pernah memberikan pinjaman kepada orang lain supaya ia tak perlu menagihnya. Sedangkan si adik memberikan hutang tanpa berani menagihnya sehingga modal yang ia miliki akhirnya semakin habis.

Sobat Talenta, perintahnya mungkin sama, namun bila ditanggapi dengan berbeda, maka akan menghasilkan akibat yang berbeda pula. Semua tergantung pola pikir dan bagaimana kita melakukannya. Yang diperlukan disini adalah hikmat. Dalam setiap perkara atau kejadian, marilah kita belajar tidak menelannya mentah – mentah seperti si adik tadi, tetapi belajarlah untuk kita bisa cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati. Setiap problem yang kita hadapi, marilah kita selesaikan dengan bijaksana. Bahkan saat kita mendengarkan orang lain berbicara, marilah kita belajar tidak mencernanya bulat – bulat dan langsung melakukannya, tetapi belajarlah menyaring dan menerimanya lalu melakukannya dengan hikmat. Karena hikmat bisa membuat perbedaan yang sangat besar, sekalipun perintahnya sama, sekalipun resep atau rahasia sukses bagi semua orang mungkin sama, namun bila ditanggapi dengan cara yang berbeda oleh setiap dari kita, maka akan memberikan hasil yang berbeda pula. Bagaimana menurut Anda?

Based on Talenta Renungan Inspirasi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s