Posted in Motivasi, Renungan, Rohani

Milikilah Harapan

Honor“Karena masa depan sungguh ada, dan harapanmu tidak akan hilang” (Amsal 23 : 18)

Harapan adalah suatu motivasi yang sangat besar dalam hidup ini. Ini adalah sebuah kisah nyata. Ada seorang yang bernama Nick. Ia adalah seorang yang sangat rajin dalam bekerja. Namun sayang ia tak pernah mempunyai harapan dan tujuan dalam hidup ini. Suatu hari, secara tak sengaja, Nick terkunci di truck pengangkut es yang belum sempat dibetulkan. Nick berteriak dan memukul pintu dengan keras, tetapi tidak ada yang mendengarnya. Akhirnya ia pun menyerah dan duduk, ia pun mulai berpikir dalam mobil pengangkut es pasti suhunya dingin sekali dan saya pasti akan mati di sini. Semakin ia berpikir, ia semakin merasakan kedinginan, ia mulai mengambil secarik kertas dan menuliskan surat wasiatnya dengan kedinginan.

Keesokan harinya, semua karyawan pun datang bekerja, dan betapa terkejut mereka melihat Nick terbaring tak berdaya dengan wajah yang pucat. Dan yang paling aneh adalah, listrik mobil untuk menghidupkan mesin itu tidak dibuka oleh Nick, sehingga walaupun di ruangan itu ada oksigen yang cukup baginya dan suhu mobil itu sebenarnya juga masih normal yaitu 28 derajat, tetapi Nick mati karena kedinginan. Bukan kedinginan karena berdasarkan kondisi yang nyata, namun lebih pada kedinginan akibat prasangka dan ketakutannya sendiri, dan yang terlebih lagi Nick mati karena dia kehilangan harapan untuk bertahan hidup, sehingga dirinya hanya bisa pasrah dan menyerah kalah kepada situasi dan keadaan disekitarnya.

Sobat Talenta, saat kita tidak memiliki harapan untuk menjalankan hidup ini, maka pola pikir kita akan mempengaruhi semuanya. Nick mati karena ia berpikir tak ada harapan lagi untuk hidup di tempat seperti itu dan itulah yang terjadi. Manusia yang hidup tanpa harapan bisa diumpamakan seperti “Zombie” atau mayat hidup, hanya tinggal menunggu waktu menuju kematian. Ada begitu banyak orang yang tampak dari luar masih hidup dan beraktivitas, namun sesungguhnya jika tidak ada lagi harapan dalam dirinya, yaitu harapan akan masa depan yang lebih baik, harapan akan pertolongan Tuhan, dan harapan bahwa dirinya pasti akan jauh lebih baik dari saat ini, maka sesungguhnya “kematian” telah berada di depan mata. Baik itu kematian secara rohani bahkan bisa pula secara jasmani. Padahal sebagai orang percaya, kita sebenarnya sudah memiliki harapan sejati, bahkan harapan yang bisa membawa kita kepada hidup yang kekal. Yesus adalah sumber harapan itu. Jangan sia – siakan satu – satunya sumber harapan kita. Milikilah Ia seutuhnya dalam seluruh aspek kehidupan kita. Jadi seberat apapun tantangan yang sedang kita hadapi, jangan pernah kehilangan pengharapan. Karena di dalam Tuhan Yesus, hari esok pasti lebih baik, masa depan kita sungguh sangat baik dan harapan kita tidak akan hilang. Bagaimana menurut Anda?

Based on Talenta Renungan Inspirasi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s