Posted in Motivasi, Renungan, Rohani

Apa Kita Mampu Sendiri?

Charles Plumb“Bertolong – tolonglah kamu menanggung bebanmu! Demikianlah kamu memenuhi hukum Kristus.” (Galatia 6 : 2)
7
Charles Plumb, seorang lulusan Akademi Angkatan Laut AS, pernah jadi penerbang jet di Vietnam. Setelah 75 misi pertempuran, pesawatnya tertembak rudal darat ke udara. Plumb sempat lompat keluar, turun dengan payung udara dan jatuh ketangan musuh. Ia tertangkap dan menghabiskan 6 tahun di sebuah penjara Vietnam. Ia berhasil melewati masa cobaan penuh siksaan itu dan kini memberi kuliah berdasarkan pengalaman – pengalamannya itu. Pada suatu hari, ia sedang berkunjung ke sebuah restaurant, tiba – tiba ada seorang pemuda menghampirinya dan berkata, “Hei, kamu kan Plumb! Kau yang menerbangkan pesawat tempur jet di Vietnam dari kapal induk Kitty Hawk. Pesawatmu kan jatuh!”

Plumb pun heran dan pemuda ini segera melanjutkan, “Aku adalah orang yang bertugas menyiapkan parasutmu pada waktu itu.” Dan akhirnya mereka berkenalan di tempat itu. Malam itu Plumb terus memikirkan pertemuannya dengan pemuda tadi, dalam hati ia berpikir, “Apakah aku pernah bertemu dengan dia sebelumnya. Seharusnya pernah, karena ia adalah salah satu marinir pada waktu itu, namun aku tak mengenalnya. Padahal ia adalah orang yang sudah menyelamatkan nyawaku, yaitu dengan menyiapkan parasut di dalam pesawat, sehingga aku bisa menggunakannya ketika harus keluar dari pesawatku yang tertembak rudal. Mungkin itu hanya bantuan yang saat itu tampak tidak berarti, hanya menyiapkan parasut. Namun coba kalau setelah pesawatku tertembak tidak ada parasut, atau dia lupa menyiapkannya, maka mungkin saat ini aku sudah tidak ada lagi di dunia ini.”

Sobat Talenta, dalam kehidupan ini sesungguhnya banyak orang – orang di sekitar kita yang turut ambil bagian atas kesuksesan kita. Tetapi apakah pernah kita memperhatikan mereka barang sejenak? Seorang asisten rumah tangga, seorang staff, seorang sopir pribadi, karyawan kita, atau mungkin seorang satpam di lingkungan rumah kita, mereka adalah orang – orang yang mendukung kesuksesan kita. Juga secara tak langsung, mereka menyiapkan segala yang kita butuhkan dan membantu kita. Tetapi pernahkah kita berpikir untuk berterimakasih dengan mereka? Atau mungkin suami dan istri, anak dan orang tua, atau siapapun itu. Karena sadar atau tidak, kita membutuhkan mereka, seperti Plumb yang tidak menyadari seorang marinir muda yang sudah menyelamatkan nyawanya bertahun – tahun yang lalu dengan menyiapkan parasut. Kita semua adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan orang lain, kita tidak bisa hidup sendiri. Oleh karena itu marilah kita mulai belajar memperhatikan sekeliling kita dan bersosialisasi dengan mereka bahkan mengucapkan terima kasih atas semua bantuan yang mereka berikan, sekalipun pada saat ini bantuan itu mungkin hanya sepele dan tampak seolah tiada arti. Karena tidak ada seorangpun di dunia yang bisa meraih kesuksesan dan kemenangan tanpa dukungan dan bantuan dari pihak lainnya. Bagaimana menurut Anda?

Based on Talenta Renungan Inspirasi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s