Posted in Kotbah GBI ROCK Tampa, Rohani

Benih

Ps. Yosi Here

rockTema tiga bulan pertama ini berbicara tentang “Spring of Planting”, dimana dibutuhkan sebuah benih untuk unuk menghasilkan sebuah tuaian. Ketika anda menanam benih dan menunggu hasilnya, anda diajar untuk bersabar dan melihat bagaimana Tuhan bekerja atas benih tersebut.

Dalam 2 Kor 9:10, “Ia yang menyediakan benih bagi penabur, dan roti untuk dimakan, Ia juga yang akan menyediakan benih bagi kamu dan melipatgandakannya dan menumbuhkan buah-buah kebenaranmu;” Banyak orang takut untuk menanamkan benih yang mereka punya. Namun ingatlah bahwa Tuhan yang menyediakan benih itu. Karena segala sesuatu akan disediakannya. Lalu bagaimana caranya kita menabur benih itu sehingga berbuah seturut dengan kehendakNya?

  1. Menaburlah Dalam Roh

Gal 6:8, “Sebab barangsiapa menabur dalam dagingnya, ia akan menuai kebinasaan dari dagingnya, tetapi barangsiapa menabur dalam Roh, ia akan menuai hidup yang kekal dari Roh itu.” Apa yang anda jalani di alam nyata, hal ini jugalah yang terjadi di alam Roh. Ketika anda menabur dalam Roh, anda sedang mematikan keinginan daging anda. Jika anda perhatikan, seringkali keinginan daging berusaha untuk memadamkan semangat Roh yang ada di dalam diri anda. Cobalah untuk merubah itu semua. Milikilah hati dan telinga yang peka sesuai apa yang Tuhan mau. Sebuah komitmen juga dibutuhkan untuk mematikan keinginan daging. Apapun kelemahan yang anda miliki, ingatlah bahwa Tuhan akan selalu menuntun anda kemanapun anda pergi.

Pada umumnya, kita tidak pernah berpikir bahwa apa yang kita perbuat saat ini, akan berdampak pada masa yang akan datang. Namun disiniah Tuhan ingin mengajarkan anda untuk hidup di daam Roh. Dalam Gal 5 : 24 Barangsiapa menjadi milik Kristus Yesus, ia telah menyalibkan daging  dengan segala hawa nafsu dan keinginannya.

  1. Menaburlah Dalam Iman

1 Kor 17:19-20, “Kemudian murid-murid Yesus datang dan ketika mereka sendirian dengan Dia, bertanyalah mereka: “Mengapa kami tidak dapat mengusir setan itu?” Ia berkata kepada mereka: “Karena kamu kurang percaya. Sebab Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya sekiranya kamu mempunyai iman sebesar biji sesawi saja kamu dapat berkata kepada gunung ini: Pindah dari tempat ini ke sana, –maka gunung ini akan pindah, dan takkan ada yang mustahil bagimu.

Coba anda perhatikan para petani yang tengah melepaskan benih. Suatu saat nanti, mereka akan menuai apa yang mereka tanam bukan? Butuh sebuah tindakan dan pengorbanan untuk mendapatkan hasil yang baik. Janganlah takut ketika Tuhan meminta anda untuk menabur. Percaya dan lakukan saja! Tuhan akan turut andil untuk apapun yang anda lakukan. Ketika anda tidak bertindak dengan menaburkan benih, tak akan ada penuaian yang akan terjadi.

Tahukah anda, bahwa ketika anda menabur, iman anda sedang diukur. Lalu bagaimana kita dapat mengukur iman?

  1. Iman Diukur Melalui Apa Yang Ada Didalammu

Roma 12:3, “Berdasarkan kasih karunia yang dianugerahkan kepadaku, aku berkata kepada setiap orang di antara kamu: Janganlah kamu memikirkan hal-hal yang lebih tinggi dari pada yang patut kamu pikirkan, tetapi hendaklah kamu berpikir begitu rupa, sehingga kamu menguasai diri menurut ukuran iman, yang dikaruniakan Allah kepada kamu masing-masing.” Tuhan mempercayakan apa yang ada di tangan anda dan di dalam setiap kehidupan anda.

  1. Iman Diukur Berdasarkan Firman Yang Anda Dengar

Roma 10:17, “Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus.”  Ketika anda bertumbuh di dalam iman, anda akan melakukan Firman itu. Sebuah tuaian akan anda rasakan sejalan dengan dengan pertumbuhan iman anda.

 

Mari tanamlah iman di dalam hidup anda. Suatu saat nanti, anda akan berbuah lebat dan menuai hasilnya kelak. Karena setiap dari kita telah dilengkapi oleh iman, tinggal bagaimana caranya anda menumbuhkan  iman itu. Jadi siapkah anda untuk menabur benih?

Sumber : Ringkasan kotbah Minggu (31 Januari 2016) di GBI R.O.C.K Tampa

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s