Posted in Motivasi, Renungan, Rohani

Jagalah Imanmu

Faith“Jadi iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh Firman Kristus” (Roma 10 : 17)

Pada suatu hari Minggu Palma, putra dari seorang kapten Inggris diteguhkan. Hari itu, sang kapten duduk bersama putranya di dalam kabin. Ia sedang merenung dan terus memikirkan apa kira – kira yang bisa ia perbuat untuk lebih menguatkan makna dari kebaktian yang baru saja dialami putranya pagi tadi.

Setelah beberapa saat merenung, tiba – tiba ia berkata kepada putranya itu, “Nak, nyalakan lilin ini. Lalu pergilah ke dek, dan kembali ke kabin dengan lilin menyala.”

“Tetapi Ayah,” Anak itu memprotes, “Jika aku pergi ke dek, angin pasti akan meniup lilin hingga padam.”

“Pergilah,” Kata si Ayah, “Dan lakukan saja.”

Jadi pergilah putranya itu, melakukan tepat seperti apa yang diperintahkan oleh ayahnya. Dengan bersusah – payah, ia ternyata berhasil melindungi dan menjaga api dari lilin itu sehingga tetap menyala, dan ia akhirnya berhasil mengembalikan lilin yang masih menyala itu kepada ayahnya dengan perasaan lega dan puas.

Ayahnya lalu berkata kepadanya, “Nak, engkau telah diteguhkan hari ini. Imanmu masih kecil dan rapuh. Engkau akan tumbuh dewasa dan memasuki dunia yang besar dan penuh godaan yang akan berusaha sebisa mungkin untuk memadamkan imanmu… kecuali kau melindunginya dengan benar.”

Sambil memandang ayahnya dengan penuh rasa hormat, pemuda itu menjawab, “Baik Ayah, aku akan terus mengingat pelajaran ini seumur hidupku, karena pelajaran penting ini akan sangat berarti bagi masa depanku.”

Ya, iman memang tidak terjadi begitu saja. Iman timbul karena pengalaman kita bersama dengan Tuhan. Namun iman harus terus dipelihara dengan seksama, dikembangkan hingga terus bertumbuh, dan dijaga dari berbagai godaan dunia. Karena musuh akan terus berusaha dengan berbagai cara untuk memadamkan iman kita.

Jadi mari kita jaga dan kembangkan iman kita dengan rajin membaca, merenungkan dan melakukan Firman Tuhan, karena Iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh Firman Kristus. Bagaimana menurut Anda?

Based on Talenta Renungan Inspirasi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s