Posted in Kotbah GBI ROCK Tampa, Rohani

Dimensi Ilahi dalam Berpuasa

Ps. Yosi Here

rockKetika anda mengambil keputusan untuk berpuasa, pasti akan ada terobosan. Cobaan dan godaan yang anda alami tidak akan pernah luput dari rencana iblis. Hal ini ditujukan agar anda berputus asa dan menyerah. Karena di dalam berpuasa, and10a akan menemukan dimensi baru.

Yes 58. Ketika anda mengalami perjumpaan dengan Tuhan, anda akan mengalami lompatan bersamaNya. Hidup akan menjadi lebih baik dari hari kesehari. Karena Tuhan sedang melakukan pemulihan (restoration) di dalam kehidupan anda dan saya.

Ada tiga tujuan yang perlu anda ketahui ketika anda berpuasa:

  1. Membangun

Yes 58:12. Engkau akan membangun reruntuhan yang sudah berabad-abad, dan akan memperbaiki dasar yang diletakkan oleh banyak keturunan. Engkau akan disebutkan “yang memperbaiki tembok yang tembus”, “yang membetulkan jalan supaya tempat itu dapat dihuni”.

Kata “Build” dalam bahasa aslinya adalah “Banah” yang berarti “builder”. Kita semua adalah builder. Ketika anda berada di linkungan keluarga, pekerjaan, atau pun dalam lingkungan dan pergaulan anda, anda akan diberikan dua pilihan: menjadi seseorang yang mau membangun hidup atau malah menghancurkannya. Itu semua adalah pilihan anda.

Tuhan ingin agar kita menjadi pembangun di dalam hidup ini. Sadar atau tidak, kita sedang membangun hidup kita ketika sedang berpuasa. Apapun yang anda kerjakan hari-hari ini, ini akan berdampak pada diri anda sendiri dan orang lain yang berada di sekitar anda.

Kata yang tepat untuk menggantikan kata “membangun” adalah “investasi”. Orang yang melakukan investasi telah mempersiapkan dirinya untuk sesuatu yang tidak terduga di masa yang akan datang. Contoh sederhananya adalah asuransi. Hal ini akan terlihat manfaatnya ketika apa yang anda investasikan di masa lalu, dapat anda peruganakan di saat anda membutuhkan.

Demikian juga dalam hidup ini. Milikilah investasi kekekalan dengan menjadi pelaku Firman dan mau membangun hidup anda bersamaNya.

  1. Memperbaiki Dasar

Kata “dasar” dalam bahasa aslinya adalah “Fundus” yang berarti bapak (father). Menurut anda, apa yang menjadi dasar dalam kehidupan anda? Seperti dalam sebuah keluarga, seorang ayah akan mendidik anaknya agar mereka memliki dasar yang benar. Hal ini akan berpengaruh nantinya pada masa depan mereka.

Yes 58:12 (NIV). Your people will rebuild the ancient ruins and will raise up the age-old foundations; you will be called Repairer of Broken Walls, Restorer of Streets with Dwellings. Di dalam New International Version (NIV), kata “memperbaiki dasar” disebut sebagai “raise up”, dimana bahasa aslinya adalah Qum, yang berarti bangkit (arise).

Pondasi itu penting. Meski menurut anda pondasi hidup anda sangat kuat, janganlah lengah. Iblis akan terus mencari celah untuk menghancurkan pondasi anda. Masih ingatkah anda kisah Daud dan Betsyeba (2 Samuel 11)? Ketika Daud tidak berperang dan tidak melakukan apa-apa, maka pondasinya dirobohkan dengan apa yang ia lihat.

  1. Membetulkan Jalan

Anda mungkin pernah mendengar lagu “God will make a way”. Saat tiada jalan, maka Tuhan membukakan jalan bagi kita. Hal itu benar. Tuhan telah membuat terobosan dan jalan bagi anda. Namun itu semua tergantung bagaimana anda meresponnya.

Ketika anda berpuasa dan melayani Tuhan, terdapat dua hal yang perlu anda ketahui. Pertama, anda sedang membangun nilai yang kekal. Karena apa yg anda lakukan saat ini, akan dikerjakan terus sampai Tuhan datang. Dan yang kedua, anda diajar untuk berjaga-jaga. Iblis akan datang dengan mudah ketika anda sedangan santai dan tidak berjaga-jaga. Untuk itu, bangunlah kehidupan anda bersama Tuhan dari sekarang. Milikilah pondasi yang benar, dan perbaiki jalan dan tembok yang berlubang. Jadi, maukah anda melakukannya?

Sumber : Ringkasan kotbah Minggu (10 Januari 2016) di GBI R.O.C.K Tampa

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s