Posted in Motivasi, Renungan, Rohani

K E J U J U R A N

Billy Ray Harris“Berkat orang jujur dilepaskan oleh kebenarannya, tetapi pengkhianat tertangkap oleh hawa nafsunya.” (Amsal 11 : 3)

Ini adalah sebuah kisah nyata yang terjadi di Kansas City, Amerika Serikat sekitar bulan Februari 2013. Dimana seseorang yang hidup dalam kemiskinan tetap bisa berlaku jujur dalam kehidupannya. Sebut saja namanya Billy Ray Harris, seorang tunawisma yang akhirnya mendapatkan uang sekitar 100.000 dolar AS karena sebuah kejadian. Hari itu seperti biasa, ia mengemis di suatu tempat, dan kebetulan Sarah Darling lewat disana dan memberikan sebagian uang recehnya. Namun, tak disadari cincin pertunangan milliknya ikut masuk di dalam kotak sumbangan itu. Malam itu, sepulang dari ia mengemis, Billy menghitung penghasilannya dan ia begitu terkejut mendapati sebuah cincin yang sangat mahal. Dan bersamaan dengan itu Sarah menyadari bahwa cincin pertunangannya hilang.

Keesokan harinya dengan kebingungan, Sarah mencoba menyusuri jalan dan sampailah ia di depan Billy Ray dan ia memberanikan diri untuk bertanya, “Apakah anda melihat sebuah benda yang berharga?” Billy pun menjawab, “Apakah itu sebuah cincin?” Dengan serta Sarah menjawab, “Iya benar, apakah itu ada di anda?” Billy menjawab, “Iya, saya masih menyimpannya.” Mendengar hal itu, Sarah sangat gembira lalu memberikan semua uang di dalam dompetnya kepada Billy Ray Harris. Tunangan Sarah yang mengetahui hal itu pun ingin berterimakasih dan ia membuat sebuah situs untuk mencari donasi. Hasilnya luar biasa, hingga Minggu (3 Maret 2013), sudah lebih 7.500 orang mendonasikan uangnya dengan total sebesar 173.651 dolar AS atay lebih dari 1,5 miliar!

Sobat Talenta, dalam pekerjaan, dalam lingkungan sosial masyarakat, kejujuran saat ini mungkin telah mengalami krisis yang besar. Kejujuran seakan – akan menjadi tidak berarti lagi. Tetapi seorang tuna wisma yang begitu miskin memberikan kita contoh, bahwa sebuah kejujuran tak akan pernah sia – sia. Karena dari sebuah kejujuran, kita bisa mendapatkan sebuah berkat yang jauh lebih besar. Seandainya Billy bersikap tidak jujur dan menjual cincin itu, maka ia tidak akan mendapatkan donasi sebesar itu. Tetapi berkat kejujurannya, ia justru mendapatkan lebih dari apa yang ia inginkan.

Jadi, marilah kita berusaha untuk tetap dapat hidup di tengah – tengah dunia yang penuh dengan kepalsuan ini. Jangan pernah ragu untuk bertindak jujur dan jangan pernah berhitung untung rugi dari sebuah kejujuran. Karena cepat ataupun lambat, kejujuran pasti akan membawa keberuntungan dan berkat yang jauh lebih besar bagi kita semua. Bagaimana menurut Anda?

Based on Talenta Renungan Inspirasi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s