Posted in Motivasi, Renungan, Rohani

Kuasailah Keadaan

patience“Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah : apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.” (Roma 12 : 2)

Ada dua orang sahabat sedang pergi ke sebuah restaurant. Ketika sedang menunggu daftar menu, mereka asyik bercakap – cakap. Tak lama datanglah seorang pelayan restaurant tersebut dengan muka masam menghampiri mereka. Dengan ketusnya, ia bertanya mau pesan apa. Salah satu sahabat itu, sebut saja Alex, langsung saja emosi melihat pelayan tersebut, dengan ketus juga ia menjawab, “Pesan yang paling favourite di sini”.

Pelayan tersebut kembali menjawab, “Lalu anda, mau pesan apa? Jangan buang – buang waktu saya.”

Dan sungguh mengherankan kali ini Patrick membalasnya dengan senyum dan lembut, “Saya pesan kopi panasnya satu ya…Terima kasih.”

Dan pelayan itu langsung pergi.

Melihat hal itu Alex jadi kesal dengan sahabatnya, “Bagaimana bisa kamu terlihat sabar menghadapi pelayan itu?”.

Patrick menjawab, “Dan ternyata saya bisa khan. Jangan biarkan diri kita dikuasai oleh keadaan, dan jangan biarkan perasaan kita dikuasai orang lain. Biarlah pelayan tersebut seperti itu. Tugas kita hanyalah terus berbuat baik kepada setiap orang tanpa terkecuali. Saya tak mau ikut marah, karena itu tak ada faedahnya untuk saya.”

Sobat Talenta, pernahkah kita menghadapi situasi yang sama seperti Alex dan Patrick. Pertanyaannya apa yang kita lakukan? Apakah kita bertindak seperti Alex yang terpengaruh dengan keadaan atau kita seperti Patrick yang tetap sabar tanpa terpengaruh dengan keadaan. Yang Tuhan inginkan adalah kita memberi dampak kepada orang lain, dimanapun kita berada dan tidak terbawa arus dengan dunia ini.

Jadi, jangan mau diri kita dipengaruhi oleh keadaan, tapi mari mempengaruhi keadaan melalui diri kita. Bagaimana menurut Anda?

Based on Talenta Renungan Inspirasi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s