Posted in Motivasi, Renungan, Rohani

K E S O M B O N G A N

turtle and rabbit“Manusia yang sombong akan direndahkan, dan orang yang angkuh akan ditundukkan; dan hanya TUHAN sajalah yang maha tinggi pada hari itu.” (Yesaya 2 : 11)

Kita semua, pasti pernah mendengar fabel tentang seekor kelinci dan kura – kura yang mengadakan balapan lari. Dimana, si kelinci memandang remeh kura – kura. Karena itu, ia menjadi kurang waspada dan akhirnya tertidur di tengah – tengah perlombaan. Hal ini menjadi kesempatan emas untuk kura – kura bisa berlari dengan lambat menuju garis finish tanpa menghiraukan lawannya si kelinci. Dan seperti yang kita ketahui, perlombaan justru dimenangkan oleh kura – kura yang lambat, namun terus berjalan tanpa henti menuju tujuannya yaitu garis finish.

Dalam Alkitab, Lucifer sebagai ciptaan yang mulia waktu itu, sebelum manusia diciptakan. Ia juga memiliki kesombongan yang besar, sehingga merasa tidak membutuhkan Tuhan dalam kehidupannya. Dan ketika Tuhan mengetahuinya, Ia membuangnya ke bumi.

Sobat Talenta, kesombongan adalah penyakit yang sering kali menghinggapi kita semua. Benih – benihnya kerap muncul tanpa kita sadari. Ada beberapa tingkatan dalam sebuah kesombongan. Pertama, kesombongan yang disebabkan oleh materi, dimana kita merasa lebih mampu, lebih kaya, lebih cantik, dan lebih terhormat dari orang lain, sehingga akhirnya kita menganggap remeh orang lain di sekeliling kita.

Kedua, kesombongan yang disebabkan oleh faktor pengetahuan, orang yang pintar, kompeten dan lebih memiliki wawasan yang luas, biasanya mudah sekali terjangkit penyakit kesombongan. Ia akan merasa diri paling hebat dan tahu segala sesuatu, sehingga sudah tidak butuh lagi orang lain untuk bertukar pendapat.

Ketiga, kesombongan yang disebabkan oleh kebaikan kita. Ini sangat tidak disadari. Kelihatannya kita baik pada orang lain, namun dibalik itu ternyata kita hanya ingin dipuji oleh orang lain. Dan hal ini hanya bisa dirasakan oleh diri kita sendiri.

Jadi, marilah dalam hidup ini, kita selalu introspeksi diri. Jangan sampai penyakit kesombongan yang dibenci Tuhan ada di dalam hidup kita, baik secara sadar ataupun tidak. Karena pada dasarnya, kesombongan hanya akan membawa kerugian dalam hidup kita, dan akan membuat kita dicampakkan oleh Tuhan. Bagaimana menurut Anda?

Based on Talenta Renungan Inspirasi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s