Posted in Kotbah GBI ROCK Tampa, Rohani

Siapkan Wadahnya

Bpk. Budiman Koswara

rockMenurut anda, apa arti sebuah wadah? Dalam Rut 4:11, “Dan seluruh orang banyak yang hadir di pintu gerbang, dan para tua-tua berkata: “Kamilah menjadi saksi. TUHAN kiranya membuat perempuan yang akan masuk ke rumahmu itu sama seperti Rahel dan Lea, yang keduanya telah membangunkan umat Israel. Biarlah engkau menjadi makmur di Efrata dan biarlah namamu termasyhur di Betlehem.” Inilah janji Tuhan kepada Rut yang juga dijanjikan kepada kita. Dalam Yeh 34:26-27, “Aku akan menjadikan mereka dan semua yang di sekitar gunung-Ku menjadi berkat; Aku akan menurunkan hujan pada waktunya; itu adalah hujan yang membawa berkat. Pohon-pohon di ladang akan memberi buahnya dan tanah itu akan memberi hasilnya. Mereka akan hidup aman tenteram di tanahnya. Mereka akan mengetahui, bahwa Akulah TUHAN, pada saat Aku mematahkan kayu kuk mereka dan melepaskan mereka dari tangan orang yang memperbudak mereka.”

Tuhan memberikan janji berkat kepada kita. Namun siapkah anda menerimanya? Sudahkah ada menyiapkan wadah untuk menampung berkat yang diberikan Tuhan? Butuh sebuah persiapan di dalam diri kita agar kita bisa dipakai Tuhan secara luar biasa. Dalam Firman Tuhan hari ini, terdapat lima kisah di dalam Alkitab yang memiliki pola yang berulang-ulang, dimana Tuhan selalu menyiapkan wadahnya terlebih dahulu sebelum berkat datang.

  1. Elisa dan Janda Nabi

2 Raj 4:1-7 menggambarkan bagaimana Tuhan bekerja di dalam kehidupan si janda nabi. Sebelum Tuhan memakai kita, kita harus mengetahui apa yang ada pada diri kita untuk bisa dipakai olehNya. Seperti dalam kisah ini, si janda hanya memiliki buli-buli berisi minyak (ayat 2). Ketaatannya dengan mempersiapkan bejana-bejana sebagai wadah untuk berkat Tuhan dan menuangkan buli-buli tersebut ke dalam setiap benjana (ayat 3-5), membuat hidupnya dipullihkan setelah suaminya meninggal dan hidup dalam hutang (ayat 1).

  1. Yesus Memberi Makan Lima Ribu Orang

Dalam cerita ini, kita mengetahui bahwa Yesus melakukan mujizatNya untuk memberi makan lima ribu orang. Yang jadi pertanyaannya adalah “Dimanakah wadahnya?” Wadah berbicara tentang perut yang kosong. Ketika Tuhan melihat orang-orang yang lapar dan haus, Tuhan datang memenuhinya.

  1. Petrus Menebarkan Jala

Ketika berkat berkelimpahan datang di dalam kehidupan kita, bagaimana respon kita? Apakah kita akan menghilang dan melupakan Tuhan? Cobalah lihat Luk 5:1-11. Simon Petrus melihat mujizat yang telah dilakukan Tuhan, ia mengakui bahwa dirinya berdosa dan tidak layak di hadapan Tuhan. (ayat 8). Tapi apa jawaban Tuhan untuk dirinya? Pada ayat 10b dikatakan, “…..Kata Yesus kepada Simon: “Jangan takut, mulai dari sekarang engkau akan menjala manusia.” Butuh sebuah kerendahan hati untuk mendapatkan berkat yang Tuhan berikan.

  1. Raja Israel, Yehuda, dan Edom butuh air

Dalam 2 Raja 3:9-20 menceritakan tentang bagaimana raja Israel, Yehuda, dan Edom berkeliling tujuh hari perjalanan jauhnya dan tidak terdapat air untuk tentara dan untuk hewan yang mengikuti mereka. Rasa haus menjadi masalah bagi mereka. Mereka kehilangan tenaga dan Raja Israel berpikir bahwa mereka akan diserahkan kepada raja Moab. (ayat 10). Wadah berkat di sini digambarkan melalui parit yang digunakan untuk memberi mereka minum dan ternak sembelihan dan hewan pengangkut mereka (ayat 17).

  1. Elia & Janda Sarfat

1 Raja 17:7-16. Anda mungkin sudah mendengar tentang kisah Elia dan janda di Sarfat, bukan? Janda itu mendapatkan berkat ketika dia memliki hati untuk taat dengan melayani hamba Tuhan terlebih dahulu daripada keluarganya (ayat 15). Memprioritaskan hidup kepada Tuhan menjadi wadah berkat tersendiri atas perbuatannya.

 

Melalui kelima cerita di atas, bagaimana kehidupan anda? Sudahkah anda mempersiapkan wadah untuk menerima berkat Tuhan?

Sumber : Ringkasan kotbah Minggu (22 Nopember 2015) di GBI R.O.C.K Tampa

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s