Posted in Motivasi, Renungan, Rohani

Jangan Kuatir!

takut“Sebab itu janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan” (Efesus 5 : 17)

Dalam bukunya, Confessions (Pengakuan), St. Augustine bercerita tentang jalan yang membawanya kepada Tuhan. Ketika ia masih muda, Tuhan berencana atas dirinya untuk pergi dan menetap di kota Roma. Saat itu keadaan kota Roma tidaklah baik banyak pengaruh modern yang berdampak negative bagi pertumbuhan jiwa seorang anak muda seperti Augustine. Ibu Augustine adalah seorang yang saleh dan taat kepada Tuhan. Ketika mendengar rencana anaknya, ibu itu terkejut dan sangat cemas (ia tahu tentang keadaan kota Roma, mungkin kala itu, gemerlapnya kota Roma sama seperti kota Jakarta di zaman sekarang), tapi ia tahu pula bahwa keinginan anaknya tidak dapat dibendung. Dan yang bisa dilakukannya hanyalah berdoa kepada Tuhan dan meminta agar Tuhan sendiri yang menggagalkan rencana itu. Ibu itu berpikir, keberangkatan anaknya ke Roma pastilah akan mencelakakan dirinya, karena Roma penuh dengan hal – hal buruk dan tidak mungkin Tuhan akan membiarkan anaknya menjadi penjahat.

Namun ternyata, doa ibu ini dijawab lain oleh Tuhan. St. Augustine ternyata tetap diijinkan Tuhan untuk berangkat ke Roma. Di Roma, Augustine bertemu dengan St. Ambrose yang melalui khotbahnya, justru membawa Augustine pada pertobatan. Dan akhirnya justru di kota Roma, kota yang pada mulanya ditakuti ibunya akan membawa pengaruh buruk pada anaknya, dan akan membuat kehidupan St. Augustine jauh dari Tuhan, justru di kota inilah anaknya menyerahkan hidupnya kepada Tuhan dan melayani Tuhan hingga seumur hidupnya. Apa yang ditakutkan oleh ibunya justru Tuhan balik menjadi kemuliaan bagi namaNya.

Sobat Talenta, saat ini, apakah yang sedang kita khawatirkan, apakah yang sedang kita takutkan? Apakah kita berdoa tentang sesuatu, tapi jawaban doa yang dari Tuhan justru berbeda dan bertolak belakang dari apa yang kita minta? Jangan tergesa – gesa berburuk sangka kepada Tuhan, jangan pernah kecewa sama Tuhan, jangan pernah marah kepada Tuhan, karena kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di depan sana, sementara Tuhan sudah mengetahuinya terlebih dahulu. Karena itu Dia selalu dan akan selalu menyiapkan yang terbaik dan selalu memberikan yang terbaik bagi setiap kita.

Percayalah, bahwa Allah selalu turut bekerja dalam segala hal di dunia ini dan dalam segala segi kehidupan kita, hanya untuk mendatangkan kebaikan bagi kita orang – orang yang mengasihiNya. Jadi, sebenarnya yang kita butuhkan hanyalah satu, yaitu berusahalah untuk mengerti kehendak Tuhan, berusahlah untuk yakin dan percaya, bahwa Tuhan tetap memegang kendali atas apapun yang terjadi dalam kehidupan kita, karena Tuhan dapat mengubah apa yang kita takutkan, apa yang kita khawatirkan dan apa yang selalu kita cemaskan menjadi mukjizat bagi kita dan menjadi kemuliaan bagi namaNya. Bagaimana menurut Anda?

Based on Talenta Renungan Inspirasi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s