Posted in Motivasi, Renungan, Rohani

Cara Pandang Yang Positif

habit“Memang kamu telah mereka – rekakan yang jahat terhadap aku, tetapi Allah telah mereka – rekakannya untuk kebaikan, dengan maksud melakukan seperti yang terjadi sekarang ini, yakni memelihara hidup suatu bangsa yang besar.” (Kejadian 50 : 20)

Grant Fairley pernah berkata : “Sikap positif mungkin tidak menyelesaikan semua masalah, tapi dapat membuat penyelesaian masalah menjadi sebuah pengalaman yang lebih menyenangkan.”

Seorang pemuda melakukan perjalanan dengan kereta api canggih. Kereta api tersebut digerakkan oleh dua mesin besar dan mampu menempuh perjalanan jauh dalam waktu singkat. Ketika melewati gurun pasir, tiba – tiba sesuatu terjadi. Kabel komputer ke mesin memercikkan api. Masinis berkata kepada ahli mesinnya, “Wah gawat mesin pertama mati.” Si ahli mesin menjawab, ‘Tenang saja. Masih ada mesin kedua.”

Perjalanan pun dilanjutkan. Beberapa saat kemudian, mesin kedua mulai ngadat, dan akhirnya mati. Kereta api terhenti di tengah – tengah gurun pasir. Si ahli mesin berkata, “Saya akan perbaiki mesinnya. Tetapi, coba bapak cari cara untuk menenangkan penumpang supaya mereka tidak panik.”

Masinis itu menuju gerbong penumpang dan melihat sang pemuda. Ia menjelaskan situasi, dan meminta si pemuda membantu mencari cara untuk menenangkan penumpang. Pemuda itu menyanggupi lalu berkata kepada para penumpang kereta api itu, “Para penumpang yangg saya hormati, ada berita baik dan berita buruk bagi kita semua. Berita buruknya adalah kedua mesin kereta api ini mati. Dan butuh waktu 2 jam untuk memperbaikinya. Berita baiknya adalah, kita semua melakukan perjalanan dengan kereta api bukan pesawat terbang.”

Itulah kehidupan, ada yang mampu melihat dengan kacamata plus, namun ada pula yang hanya melihat sisi minusnya. Percaya atau tidak, cara pandang itulah yang menentukan kita sukses atau gagal. Saat krisis terjadi, ada yang melihatnya sebagai persoalan besar, namun di sisi lain ada orang yang melihatnya sebagai peluang emas. Bagi yang melihat krisis sebagai kesempatan bagus, itulah yang biasanya menjadi orang sukses.

Mari belajar untuk melihat segala sesuatu dari sisi yang positif karena seburuk apapun suatu peristiwa, kalau itu diijinkan Tuhan terjadi dalam kehidupan kita, maka pasti ada hal yang baik di balik itu semua, karena sekalipun musuh mereka – rekakan yang jahat terhadap kita, tetapi Tuhan selalu mengubahnya menjadi kebaikan bagi kita semua. Bagaimana menurut Anda?

Based on Talenta Renungan Inspirasi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s