Posted in Motivasi, Renungan, Rohani

Dicari atau Diabaikan?

takut“Hendaklah kebaikan hatimu diketahui semua orang. Tuhan sudah dekat!” (Filipi 4 : 5)

Seekor harimau nyasar di suatu perusahaan dan bersembunyi di dalam toilet. Pagi itu, kepala HRD perusahaan masuk ke toilet dan menjadi santapan bagi sang harimau. Berhari – hari setelah kepala HRD hilang, perusahaan aman terkendali dan tidak terjadi masalah apapun.

Tak lama kemudian, Presiden Direktur perusahaan masuk ke toilet dan ia juga diterkam oleh harimau itu. Setelah kejadian tersebut, perusahaan tetap tenang, bahkan sampai berhari – hari, tak ada yang merasa kehilangan. Beberapa hari berlalu, masuklah seorang office boy ke toilet dan bernasib sama seperti orang – orang sebelumnya.

Selang beberapa jam, perusahaan menjadi geger. Orang – orang mulai mencari sang office boy, karena mereka membutuhkannya untuk memfotokopi, mengantarkan dokumen, melayani tamu, membuat minuman, dan urusan – urusan lainnya. Keamanan pun dikerahkan. Semua orang sibuk mencarinya sampai ke pelosok kantor.

Yang menjadi pertanyaan adalah : Mengapa sang office boy dicari banyak orang, sementara yang terdahulu yaitu kepala HRD dan Presiden Direktur tidak dicari banyak orang? Karena sang office boy dibutuhkan oleh banyak orang pada saat itu juga, sementara sang kepala HRD ataupun sang Presiden Direktur mungkin baru dibutuhkan sebulan sekali yaitu saat mau menerima gaji.

Semakin banyak kontribusi yang kita berikan kepada orang, maka semakin pentinglah hidup kita di mata orang lain. Mungkin, sang Kepala HRD dan Presdir tidak terlalu berperan bagi karyawan. Mereka menganggap ada atau tidaknya dua orang tersebut tidak mempengaruhi kinerja mereka. Tetapi, ketika office boy menghilang, semuanya merasa kewalahan sebab kegiatan mereka menjadi terganggu. Tidak ada yang membuat kopi, mentransfer uang ke bank, memfotokopi, dll.

Sobat Talenta, mari semakin hari semakin berpikir untuk menjadi pribadi yang dapat memberi nilai lebih kepada orang sekitar kita. Lakukanlah lebih banyak, bekerjalah lebih giat, dan layanilah lebih baik dari yang lain sehingga kehadiran kita di mana saja dapat menjadi berkat, bahkan memberi pengaruh yang positif. Mulailah melakukan usaha ekstra dan keberhasilan pun akan mengikuti kita. Mari semakin hari kita menjadi pribadi yang mampu memberikan kontribusi dan kehadiran kita benar – benar dirasakan oleh sekeliling kita karena mereka terberkati. Karena bukan tingginya jabatan atau kedudukan yang membuat orang lain membutuhkan dan menghargai kita, namun seberapa banyak kita sudah menolong orang lain dan menjadi berkat bagi mereka. Bagaimana menurut Anda?

Based on Talenta Renungan Inspirasi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s