Posted in Motivasi, Renungan, Rohani

Kapan Kita Berdoa?

Berdoa“Bertekunlah dalam doa dan dalam pada itu berjaga – jagalah sambil mengucap syukur” (Kolose 4 : 2)

Suatu hari seorang ayah, mendengar anaknya yang sulung sedang menasehati adiknya yang bungsu. Dengan wajah serius, si sulung berkata, “Dik, kamu harus menjadi anak yang baik, kalau tidak, Papa tidak akan mencintai kamu.”

Mendengar hal itu, si ayah lalu memanggil kedua anaknya itu dan berkata dengan lembut kepada si sulung, “Itu tidak benar anakku”
Dengan nada protes si sulung berkata, “Tapi, Papa kan tidak akan mengasihi kami, kalau kami nakal?”

“Nak, apapun yang terjadi, Papa akan tetap mengasihimu. Bila kamu baik, Papa akan mengasihimu dengan kasih yang membuat Papa bahagia. Tapi, kalau kamu nakal, Papa tetap mengasihimu walaupun dengan kasih yang membuat hati Papa sakit. Jadi Papa mengasihimu bukan karena perbuatan baik yang engkau lakukan, namun kalau engkau ingin membuat Papamu ini bahagia, berbuatlah baik dalam setiap waktu dan jadilah anak yang taat pada orang tuamu.”

Sobat Talenta, seringkali kita menganggap bahwa Tuhan mengasihi kita karena perbuatan baik yang telah kita lakukan, sehingga kita lalu menjadi sombong. Dan seringkali pula kita menganggap Tuhan tidak akan mengasihi kita kalau kita jatuh dalam dosa, sehingga kita lalu menjadi takut untuk datang kepadaNya.

Mari kita mempunyai pemahaman yang baru bahwa Allah mengasihi kita bukan karena perbuatan – perbuatan baik kita, tetapi Allah mengasihi kita karena Dia adalah Kasih. Namun janganlah kita menyalahgunakan Kasih Allah dengan terus berbuat dosa, karena setiap dosa yang kita perbuat, selalu menyakiti hati Allah.

Jadi, disaat kita berbuat baik janganlah sombong dengan perbuatan baik kita, tetapi disaat kita jatuh dalam dosa, janganlah melarikan diri dari Allah, karena sebesar apapun dosa kita, kalau kita mengaku dan bertobat dengan sungguh – sungguh, Dia akan mengampuni kita dan tetap mengasihi kita dengan kasih yang sempurna. Bagaimana menurut Anda?

Based on Talenta Renungan Inspirasi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s