Posted in Motivasi, Renungan, Rohani

Apa yang Kita Gemakan

echo wave“Hidup dan mati dikuasai lidah, siapa suka menggemakannya akan memakan buahnya” (Amsal 18 : 21)

Seorang anak laki – laki datang kepada ibunya dan berkata, “Ibu ada anak sebayaku di sana, di antara pepohonan, yang selalu mengejekku. Apa saja yang kukatakan selalu ditirukannya.
Aku berkata ‘halo’ ia juga berkata ‘halo’.
Aku berkata ‘Siapa kamu?’, ia juga ikut berkata ‘Siapa kamu?’
Aku berkata ‘Siapa namamu?’, ia berkata juga ‘Siapa namamu?’.
Aku menjadi marah lalu berlari mencarinya, tapi tidak ada di sana.
Aku lalu berteriak ‘Akan kupukul kepalamu!’ Dan ia juga berkata bahwa ia akan memukul kepalaku.”

Sambil tersenyum, ibu anak ini lalu berkata kepadanya, “Itu namanya gema, anakku. Jika engkau berkata ‘Aku mengasihimu’ maka ia juga akan menjawab yang sama, jadi tergantung apa yang kau katakan padanya, kalau perkataanmu buruk, dia juga akan menjawab dengan buruk, namun kalau kata – kata mu baik, ia juga akan menjawab engkau dengan kata – kata yang sama baiknya.”

Gema atau gaung adalah pengulangan suara, akibat pantulan gelombang suara dari suatu permukaan benda. Apa yang kita ucapkan akan dikembalikan sesuai dengan suara kita tadi. Hukum alam ini tidak dapat diubah. Jadi adalah suatu hal yang mustahil apabila kita mengucapkan suatu kata, dan kemudian kita mendapatkan gema kata yang berbeda.

Sobat Talenta, setujukah anda dengan saya, bahwa hukum alam ini juga berlaku dalam kehidupan rohani kita? Bila dari mulut kita, kita selalu mengeluarkan hal – hal yang baik, maka kita akan mendapatkan gema atau menuai hal – hal yang baik pula, namun bila dari mulut kita, kita mengeluarkan hal – hal yang buruk, maka tentu kita akan mendapatkan akibat atau menuai hal – hal yang buruk pula.

Jadi mari berhati – hati dengan mulut atau perkataan kita, ucapkanlah hanya hal – hal yang baik dan benar, jangan mengucapkan kata – kata yang sia – sia atau negative, namun mari memperkatakan Firman Tuhan yang ajaib, karena setiap kata – kata yang kita ucapkan akan kembali kepada kehidupan kita, dan setiap Firman yang kita perkatakan akan menjadi kenyataan. Bagaimana menurut Anda?

Based on Talenta Renungan Inspirasi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s