Posted in Motivasi, Renungan, Rohani

Cara Meringankan Beban

tambang“Bertolong – tolonglah menanggung bebanmu! Demikianlah kamu memenuhi hukum Kristus” (Galatia 6 : 2)

Thomas Samson adalah seorang penambang dari Wales. Setiap hari, ia bekerja keras dengan jam kerja panjang dalam pertambangan, kehidupannya terus menerus berada dalam bahaya hanya untuk memperoleh penghasilan yang tidak memadai.

Suatu hari, mandor pertambangan itu menemui dia dan berkata, “Thomas, saya telah menemukan pekerjaan yang lebih mudah bagimu di atas tanah. Pekerjaanmu akan lebih sedikit dan penghasilanmu akan lebih banyak. Apakah kamu tertarik?”

“Oh, ya,” Kata Thomas, “Saya sangat tertarik Pak. Tapi, maukah Anda mempertimbangkan untuk memberikan pekerjaan itu kepada sahabat saya Tregony? Dia tidak sekuat saya dan dia tidak bisa bekerja sekeras saya. Saya takut bila dia terus bekerja di bawah, dalam lorong pertambangan akan mempersingkat hidupnya dan saya akan kehilangan sahabat saya. Mungkinkah ia mendapatkan pekerjaan itu?”

Si mandor terharu akan kemurahan hati Thomas dan akhirnya memberikan pekerjaan itu kepada Tregony. Setelah kejadian itu, Thomas terus bekerja keras, dan ketika posisi di atas tanah lain terbuka, si mandor sekali lagi mendekati Thomas tentang pekerjaan itu. Kali ini, Thomas menerima tawaran tersebut, bahkan sebuah tawaran yang lebih baik dibandingkan tawaran sebelumnya. Thomas dan Tregony terus bekerja saling berdampingan sebagai sahabat sejati hingga maut memisahkan mereka.

Sobat Talenta, ketika kita tanpa pamrih dan tanpa mementingkan diri sendiri mau berbagi dan memberi kepada orang lain, kita sedang menabur suatu benih yang baik, suatu bibit unggul yang luar biasa, dan cepat atau lambat benih itu pasti akan bertumbuh dan menghasilkan buah yang jauh lebih berlimpah dalam kehidupan kita. Karena setiap perbuatan baik yang kita lakukan untuk meringankan beban orang lain, pada akhirnya juga akan meringankan beban kita dalam menjalani kehidupan ini.

Jadi, jangan pernah ragu untuk berbuat baik kepada orang lain, dan jangan pernah menunda untuk menjadi berkat bagi siapapun. Karena orang yang menjadi berkat, pastilah hidupnya akan dipenuhi oleh berkat. Bagaimana menurut Anda?

Based on Talenta Renungan Inspirasi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s