Posted in Motivasi, Renungan, Rohani

Terlalu Percaya Diri

Arnold Palmer“…Orang yang sombong dan tinggi hati, aku tidak suka.” (Mazmur 101 : 5b)

Pegolf terkenal, Arnold Palmer, mendapatkan pelajaran berarti tentang keyakinan diri yang terlalu berlebihan. Saat itu, pada lubang terakhir di turnamen master, tahun 1961, ia telah unggul satu pukulan.

Dengan penuh keyakinan akan menjuarai turnamen tersebut, ia berjalan menuju bola itu. Tiba – tiba seorang teman menghampirinya dan menyalaminya sambil berkata, “Selamat!” Dan Palmer menyambut uluran tangannya dengan penuh rasa bangga.

Ia berkata, “Begitu saya bersalaman, saya kehilangan fokus.” Pada dua pukulan berikutnya, ia memukul bolanya, namun bolanya masuk ke genangan pasir, dan yang berikutnya tersangkut di pagar. Hanya dalam waktu singkat, ia kini kehilangan kesempatan untuk menjuarai turnamen tersebut.

Palmer berkata, “Anda tidak akan mengulangi kesalahan itu lagi. Pengalaman ini dapat menjadi pelajaran yang tidak akan Anda ulangi lagi. Dan saya tidak lagi mengulangi kesalahan itu hingga 30 tahun.”

Ya, terlalu yakin akan kemampuan diri sendiri dapat menjadi boomerang. Sebagai anak Tuhan, kita memang tidak boleh minder dan rendah diri, karena Tuhan menciptakan kita segambar dan serupa denganNya. Namun bila kita terlalu percaya diri secara berlebihan, sehingga menyebabkan kita menjadi sombong dan takabur, hal ini juga tidak disenangi Tuhan, karena Tuhan membenci orang yang sombong.

Jadi, mari mempunyai rasa percaya diri, yang dilandaskan pada Tuhan, bahwa segala sesuatu yang bisa kita lakukan hanya karena kemurahan dan campur tangan Tuhan, karena keyakinan yang didasarkan pada kekuatan sendiri membuahkan kegagalan, namun keyakinan yang didasarkan pada kekuatan Tuhan membuahkan keberhasilan.

Bagaimana menurut Anda?

Based on Talenta Renungan Inspirasi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s