Posted in Motivasi, Renungan, Rohani

Enjoy Your Life

life“Lihatlah, yang kuanggap baik dan tepat ialah, kalau orang makan minum dan bersenang – senang dalam segala usaha yang dilakukan dengan jerih payah di bawah matahari selama hidup yang pendek, yang dikaruniakan Allah kepadanya, sebab itulah bahagiannya.” (Pengkhotbah 5 : 17)

Suatu hari, seorang anak muda berjalan – jalan di trotoar dan menemukan kepingan uang logam senilai seratus rupiah. Sejak saat itu, ia selalu mengarahkan pandangannya ke tanah ketika berjalan kaki. Setelah tiga puluh tahun, ia berhasil mengumpulkan barang – barang berikut ini : setumpuk uang receh dengan jumlah sepuluh ribu rupiah, 18.203 kancing, dan 34.309 peniti. Namun sebagai akibat dari kebiasaannya berjalan menunduk itu, ia telah menumbuhkan bentuk punggung yang bungkuk dan postur tubuh setengah lingkaran. Ia telah kehilangan keindahan dan kemuliaan cahaya matahari, senyum para sahabat, keindahan warna bunga dan pepohonan, langit biru dan awan putih yang lembut, dan ia juga telah kehilangan segala sesuatu yang menjadikan hidup ini terasa lebih bermakna, hanya karena dia terus mengarahkan pandangannya ke tanah untuk mencari sekeping uang yang tercecer.

Andai saja kalau anak muda itu mau mengangkat kepalanya sesekali, dia mungkin akan kehilangan beberapa keping uang logam di tanah, tetapi dia dapat menyaksikan semua keindahan yang membuat hidup ini menjadi sebuah petualangan yang menakjubkan.

Sobat Talenta, apakah dalam bekerja, kita bersikap seperti anak muda dalam cerita di atas? Apakah dalam bekerja kita hanya terfokus pada usaha kita mencari uang, sehingga kita mulai melupakan keindahan yang terjadi di sekeliling kita, melupakan orang – orang yang kita kasihi, atau bahkan melupakan diri kita sendiri?

Bekerja untuk menghasilkan uang itu memang penting, karena itu adalah tanggung jawab kita sebagai pengelola talenta dari Tuhan. Namun menikmati hidup adalah hal yang jauh lebih penting, karena itu adalah salah satu anugerah Tuhan dalam kehidupan kita.

Jadi, selagi kita masih dapat hidup di dunia ini, mari bekerja dengan baik, dan mari menikmati hidup ini juga dengan baik. Bagaimana menurut Anda?

Based on Talenta Renungan Inspirasi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s