Posted in Motivasi, Renungan, Rohani

Anda Orang Kecil

bolt“Demikianlah kita mempunyai karunia yang berlain – lainan menurut Kasih karunia yang dianugerahkan kepada kita, …” (Roma 12 : 6a)

Konon, ada sebuah kapal barang raksasa dan sebuah baut yang amat kecil. Bersama dengan ribuan baut kecil lainnya yang seukuran, baut kecil itu membantu menahan lempengan – lempengan baja di lambung kapal. Ketika kapal itu berlayar melintasi Samudera Hindia yang ganas, baut kecil itu terancam terlepas, sehingga ribuan baut kecil lainnya, turut terancam tercabut pula. Melihat apa yang sedang terjadi, baut kecil lainnya di dekat baut yang hampir terlepas itu lalu berseru : “Bersiagalah! Berpeganglah erat – erat! Jika engkau tercebur, kami semua akan turut tercebur!”
Ketika lempengan – lempengan baja yang besar di badan kapal mendengar bahaya yang sedang dialami baut kecil itu, mereka berseru dengan keras, “Demi Tuhan! Jangan sampai engkau melepaskan diri! Jika engkau melakukannya, kami semua akan tenggelam dan hilang lenyap!”
Berita tentang bahaya terlepasnya baut kecil itu, segera tersiar ke seluruh bagian kapal. Maka, lempengan – lempengan baja dan semua baut kecil lainnya, juga kepingan baja dan paku – paku terkecil, lalu mengirim utusan kepada baut kecil itu untuk mendorongnya agar tetap tegar demi menyelamatkan hidup mereka semua. Mereka mengingatkan baut kecil itu, bahwa dirinya sangat penting bagi mereka semua. Jika ia melepaskan pegangannya, seluruh bagian kapal akan tercerai – berai, dan tak satupun yang akan selamat sampai tujuan. Semua sanjungan itu membesarkan hati baut kecil itu. Kini, ia merasa dirinya penting bagi begitu banyak orang. Maka, ia menjamin seluruh anggota kapal itu, bahwa ia dengan seluruh kemampuan yang ia miliki akan bertekad untuk terus memegang erat – erat.
Adakalanya dalam hidup ini, kita merasa bahwa diri kita tidak berarti dibandingkan dengan orang lain. Adakalanya kita merasa bahwa pekerjaan kita sangatlah remeh dan tidak ada artinya dibandingkan dengan orang lain yang begitu hebat. Padahal sadarkah kita, bahwa Tuhan telah menciptakan kita untuk saling tergantung satu sama lainnya? Sehebat apapun seseorang, tetap dia membutuhkan orang lain selama dia hidup di dunia ini, dan seremeh apapun seseorang, tetap dia sangat berarti bagi orang lainnya.
Jadi jangan pernah merasa kecil hati dengan posisi kita saat ini, dan juga jangan pernah tinggi hati, karena setiap dari kita mempunyai fungsinya masing – masing. Bagaimana dengan anda?

Based on Talenta Renungan Inspirasi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s