Posted in Kotbah GBI ROCK Tampa, Rohani

Divine Revelation

Ps. Chris Mesach

rockKita dilahirkan sebagai seorang pemenang. Namun beberapa orang lebih memilih kalah oleh keadaan. Kalah di sini adalah sebuah sikap ketika kita memutuskan untuk menyerah. Jika kita berpikir demikian, maka hal itu akan terjadi demikian di dalam kehidupan kita.

Ketika kita mau berjalan bersama Tuhan, maka kita harus menyadari bahwa lingkungan akan menolak kita. Kebenaran dari Tuhan akan sulit untuk dicerna oleh masyarakat sekitar. Tidak ada tempat yang aman kecuali Tuhan memberikan ketenangan di dalam kehidupan kita. Ada tiga hal yang perlu kita ketahui:

  1. Tuhan mencintai orang berdosa, tapi DIA membenci DOSA

Gereja adalah tempat dimana orang-orang berdosa berkumpul dan yang mau disucikan. Yesus hadir untuk menyelamatkan kita dari belenggu dosa.

  1. DOSA adalah sumber masalah walaupun tidak semua masalah datang karena DOSA
  2. Hidup kita tidak ditentukan dari apa yang kita miliki, tapi siapa yang memiliki hidup kita

 

Hari ini kita belajar tentang kehidupan Gideon (Hakim2 6-7). Gideon diangkat sebagai hakim atas bangsa Israel. Memang apa yang telah dilakukan bangsa Israel? Coba kita lihat di Hakim2 6:1-3, “Tetapi orang Israel melakukan apa yang jahat di mata TUHAN; sebab itu TUHAN menyerahkan mereka ke dalam tangan orang Midian, tujuh tahun lamanya, dan selama itu orang Midian berkuasa atas orang Israel. Karena takutnya kepada orang Midian itu, maka orang Israel membuat tempat-tempat perlindungan di pegunungan, yakni gua-gua dan kubu-kubu. Setiap kali orang Israel selesai menabur, datanglah orang Midian, orang Amalek dan orang-orang dari sebelah timur, lalu maju mendatangi mereka;”

Coba anda bayangkan! Ketika anda mendapatkan berkat namun tidak bisa menikmatinya, bagaimana perasaan anda? Hal inilah yang sedang dialami oleh bangsa Israel ketika mereka jahat di mata Tuhan. Selama tujuh tahun lamanya, mereka tidak memiliki impian dan harapan akan masa depan mereka. Tapi Tuhan memanggil Gideon untuk menyelesaikan permasalahan bangsa Israel.

Di dalam kehidupan kita, proses yang sedang kita alami ditujukan agar kita mendapatkan jalan yang ditetapkan oleh Tuhan. Ketika kita di dalam proses, kita dibentuk untuk menjadi sempurna. Jadi dimanapun kita berada, mintalah hikmat dari Tuhan. Karena bersama Dia, kita akan sanggup melakukan perkara-perkara besar.

Kita menjadi berharga bukan karena apa yang kita miliki. Ketika Tuhan membangkitkan orang yang hebat, Tuhan tidak melihat kelebihan yang mereka miliki. Coba anda lihat kehidupan Gideon. Dalam Hakim2 6:12, “Malaikat TUHAN menampakkan diri kepadanya dan berfirman kepadanya, demikian: “TUHAN menyertai engkau, ya pahlawan yang gagah berani.” Tahukan anda bahwa Gideon adalah anak yang paling muda dan dari keluarga yang paling kecil. Tak hanya itu saja, mereka berada di dalam suku terkecil dari 12 suku Israel. Demikianlah kehidupan kita akan menjadi berharga ketika kita mau berjalan bersama dengan Dia. Tidak ada satu pun yang mustahil ketika kita berada dekat denganNya.

Dalam Hakim2 7 dijelaskan bagaimana Tuhan bekerja di dalam kehidupan Gideon ketika dia mengusir musuh. Hanya tiga ratus orang yang menemani Gideon untuk berperang dengan bangsa Midian. “Lalu berfirmanlah TUHAN kepada Gideon: “Dengan ketiga ratus orang yang menghirup itu akan Kuselamatkan kamu: Aku akan menyerahkan orang Midian ke dalam tanganmu; tetapi yang lain dari rakyat itu semuanya boleh pergi, masing-masing ke tempat kediamannya.” (Hakim2 7:7)

Jadi janganlah kita kalah dengan masalah kita, seberapapun masalah yang sedang anda hadapi. Tapi tetaplah tegar berdiri karena Yesus bersama kita. Maukah anda melakukannya?

Sumber : Ringkasan kotbah Minggu (26 Juli 2015) di GBI R.O.C.K Tampa

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s