Posted in Motivasi, Renungan, Rohani

Tinggi Hati Atau Rendah Hati?

humble“Tinggi hati mendahului kehancuran, tetapi kerendahan hati mendahului kehormatan” (Amsal 18 : 12)

28 Januari 1986, seluruh dunia dikejutkan oleh meledaknya pesawat ulang – alik Challenger, tepat 73 detik setelah tinggal landas. Sebagian dari kita melihat berulang – ulang peristiwa mengenaskan itu di pesawat televisi. Langit biru yang begitu cerah, tiba – tiba dipenuhi dengan bumbungan asap dari ledakan pesawat Challenger. Puing – puing pesawat dan tubuh ketujuh awak pesawat tersebar dimana – mana.

Hasil investigasi menyatakan, bahwa kesalahan itu terletak pada tidak berfungsinya penyekat “Cincin O” yang terletak pada roket bahan bakar disebelah kanan roket induk. Api yang memercik dari penyekat ini, dengan cepat membesar dan akhirnya meledakkan seluruh pesawat. Koran New York Times, membuat sebuah berita yang mengejutkan, bahwa kecelakaan akibat kesalahan teknis itu sebenarnya bisa dihindarkan, bila saja para pemimpin NASA tidak sombong.

Rupanya para pemimpin NASA telah mengabaikan peringatan akan perlunya pengecekan ulang terhadap beberapa komponen pesawat, bila beban semakin bertambah. Para pemimpin NASA meremehkan peringatan itu, sebab mereka menganggap diri mereka jauh lebih pintar dari orang lain. Jadi mereka berpikir tidaklah perlu sampai harus mengubah jadwal peluncuran hanya gara – gara harus mengecek komponen – komponen itu. Tapi ternyata mereka salah! Dan kesombongan mereka akhirnya menghancurkan semua harapan, impian, dan cita – cita mereka, bahkan juga nyawa orang lain.

Sobat Talenta, bagaimana dengan kita? Berbagai peristiwa yang kita saksikan di dunia ini telah menunjukkan bahwa kesombongan selalu membawa malapetaka. Bila kita sudah menyadari hal tersebut, mari selalu menjaga hati kita. Jangan pernah menganggap diri kita paling hebat dan tidak membutuhkan orang lain, namun mari kita selalu bersikap rendah hati dan mau menerima masukan, nasehat, ataupun kritikan dari orang lain. Sebab tinggi hati mendahului kehancuran, tetapi kerendahan hati mendahului kehormatan. Bagaimana menurut Anda?

Based on Talenta Renungan Inspirasi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s