Posted in Kotbah GBI ROCK Tampa, Rohani

Forever He is Father

Ps. Peter Tan

rockJika kita ingin mengetahui apa itu Kasih, kenallah Yesus sebagai pribadi di dalam hidupmu. Berdoalah kepadaNya. Bagaimana caranya? Dalam Doa Bapa Kami yang terdapat pada Luk 11:2, “Jawab Yesus kepada mereka: “Apabila kamu berdoa, katakanlah: Bapa, dikuduskanlah nama-Mu; datanglah Kerajaan-Mu.” Kata Bapa menggambarkan hubungan yang dekat ketika kita sebagai anak kepada Bapa kita. Hal ini juga berbicara tentang bagaimana Allah Putra berbicara kepada Allah Bapa. Mereka berbicara tentang kita semua. Ini bukan tentang murid-muridNya, tetapi kepada semua orang yang diselamatkan melalui kesaksian.

Yoh 17:24, “Ya Bapa, Aku mau supaya, di mana pun Aku berada, mereka juga berada bersama-sama dengan Aku, mereka yang telah Engkau berikan kepada-Ku, agar mereka memandang kemuliaan-Ku yang telah Engkau berikan kepada-Ku, sebab Engkau telah mengasihi Aku sebelum dunia dijadikan.” Ada dua hal yang dijarkan dalam ayat ini:

  1. Ayat ini berbicara tentang kehidupan kita untuk kita bisa hidup bersama-sama denganNya, bukan hanya sementara tapi untuk selamanya
  2. Ayat ini berbicara tentang kemuliaan. Allah Bapa kita rela untuk memberikan anakNya kepada kita semua.

Father loves you

Yoh 16:27, “sebab Bapa sendiri mengasihi kamu, karena kamu telah mengasihi Aku dan percaya, bahwa Aku datang dari Allah.” Dalam ayat ini telah jelas dikatakan bahwa Bapa mengasihi kita pada mulanya sebelum dunia diciptakan. KasihNya akan ada untuk selama-lamanya buat kita.

Father is always with you

Yoh 8:29, “Dan Ia, yang telah mengutus Aku, Ia menyertai Aku. Ia tidak membiarkan Aku sendiri, sebab Aku senantiasa berbuat apa yang berkenan kepada-Nya.” Bapa mengasihi kita seperti Bapa mengasihi PutraNya. Bapa kita selalu hadir dalam setiap kehidupan kita. Dia selalu hadir kemanapun kita berada. Ketika kita di rumah, kantor, sekolah, dan dimanapun itu, Dia selalu hadir.

Father is eager to forgive

Masih ingatkah anda tentang perumpaan anak yang hilang? (Luk 15:11-32). Perumpaan Ini berbicara tentang seorang anak bungsu yang meminta harta miliknya dan pergi meninggalkan rumah. Kekayaan yang diperolehnya digunakan hanya untuk kesenangan saja. Singkat cerita, si bungsu jatuh miskin dan kembali kepada rumah Bapa nya. JIka kita lihat cerita ini, apa yang dilakukan oleh Bapa nya? Ia tidak marah atau menyesali akan apa yang ia berikan kepada anak bungsunnya, melainkan dia memaafkan anaknya. Bapanya selalunya menanti-nantikan anaknya untuk kembali kepadaNya. Seperti halnya Bapa kita. Dia selalu berharap untuk kita kembali kepadaNya. Tidak masalah seberapa besar dosa yang telah kita perbuat, Dia ingin kita untuk kembali kepadaNya.

Father hears your prayer

Yoh 11:42, “Aku tahu, bahwa Engkau selalu mendengarkan Aku, tetapi oleh karena orang banyak yang berdiri di sini mengelilingi Aku, Aku mengatakannya, supaya mereka percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku.” Bapa kita selalu mendengar setiap doa-doa kita. KasihNya ditujukan ketika mendengar setiap ucapan syukur, keluhan, ataupun permohonan kita. Dia adalah Bapa yang mengampuni dan selalu hadir di dalam hidup kita.

Father cares for you

Mat 6:26, “Pandanglah burung-burung di langit, yang tidak menabur dan tidak menuai dan tidak mengumpulkan bekal dalam lumbung, namun diberi makan oleh Bapamu yang di sorga. Bukankah kamu jauh melebihi burung-burung itu?” Kalau kita simak perkataan dalam kitab Matius ini, kita akan melihat bahwa hidup kita berharga. Karena burung di udara saja Tuhan pelihara, apalagi kita semua,

 

Jadi apa yang anda tunggu. Kenallah Bapamu secara pribadi lepas pribadi. Janganlah kamu kuatir akan kehidupanmu. Seperti yang ditulis dalam Fil 4:6-7, “Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apa pun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus.” Bagaimana menurut anda?

Sumber : Ringkasan kotbah Minggu (21 Juni 2015) di GBI R.O.C.K Tampa

Leave a Reply

