Posted in Motivasi, Renungan, Rohani

Apakah Sikap Itu Menentukan Bahagia?

happy-birds“Jadi akhirnya, saudara – saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu.” (Filipi 4 : 8)

Hugh Down berkata “Orang yang berbahagia bukanlah orang yang ditentukan oleh situasi tetapi orang yang memiliki sikap”. Sikap dapat diartikan sebagai suatu kebiasaan dari cara kita berpikir. Ada sikap negatif dan ada sikap positif, kitalah yang menentukannya. Saat kita mengijinkan hal – hal negatif masuk dalam pikiran kita, maka setiap situasi dan orang – orang yang kita jumpai menjadi negatif dalam pandangan dan sikap kita terhadap mereka. Namun saat kita memilih untuk bersikap positif, segala sesuatu akan menjadi positif juga bahkan dalam hal yang buruk sekalipun. Sikap yang kita miliki akan menentukan apakah kita akan menjalin persahabatan atau mengumandangkan permusuhan. Membuat kita memilih untuk memandang satu masalah sebagai batu sandungan atau batu loncatan. Membuat kita menyesali atau menikmati setiap kesulitan, dan membawa kita maju atau semakin mundur. Sikap yang positif akan memberi kita kekuatan untuk bersukacita pada hal – hal kecil, dan merayakan sebuah situasi yang biasa – biasa saja. Sikap mempengaruhi cara pandang kita. “Orang pesimis melihat kesulitan dalam berbagai kesempatan. Orang optimis melihat kesempatan di dalam setiap kesulitan”.

Marcus Aurelius berkata bahwa hidup ini adalah apa yang dibuat oleh pikiran kita. Apakah kita sadar bahwa setiap hal yang terjadi dalam kehidupan kita adalah hasil dari apa yang kita isikan dalam pikiran kita? Tidak kebetulan jika kita tiba – tiba menjadi gembira atau sedih, tidak kebetulan kita berada di bioskop atau toko buku, karena sebelumnya kita sudah memikirkannya terlebih dahulu, dan apa yang dipikirkan itulah yang terwujud. Pola pikir kita harus mengalami perubahan jika mau mengalami suatu terobosan yang baru dalam hidup. Jika mau dikatakan jujur, seringkali yang menghambat kita untuk bertumbuh bukanlah orang – orang di sekitar kita, tetapi justru kita dibatasi dan diperdaya oleh pikiran – pikiran kita sendiri. Mengubah pola pikir bukanlah hal yang mudah, karena pikiran kita sudah terbentuk dari sejak kita masih kecil. Apakah kita berpikir bahwa merubah pola pikir itu hal yang sulit? Ibarat gulungan kabel kecil yang dimasukkan ke dalam sebuah botol. Setelah sekian tahun, kabel tersebut menjadi gumpalan yang menyatu dengan botolnya, sehingga sulit untuk dilepas atau ditarik keluar. Jalan satu – satunya adalah memecahkan botol tersebut (meninggalkan zona nyaman, ketakutan, kebiasaan buruk, ataupun kemalasan yang tersimpan lama di dalam pikiran yang membuat kita tidak maju). Diperlukan waktu untuk menguraikan kembali kabel tersebut ke bentuknya semula, tetapi pasti bisa. Begitupun dengan cara pikir kita, diperlukan waktu dan usaha untuk mengubah pola pikir kita, karena pada dasarnya setiap manusia pasti bisa berubah menjadi lebih baik. Lalu bagaimana menentukan arah langkah yang benar untuk memiliki pola pikir yang sehat dan positif? Segala sesuatu yang benar pasti berasal dari Sumber yang benar, yaitu Firman Tuhan sendiri. Satu – satunya cara untuk merubah pola pikir kita menjadi lebih baik adalah dengan mengisi pikiran kita dengan pikiran Kristus, yaitu dengan jalan membaca dan merenungkan FirmanNya, karena Alkitab merupakan sebuah buku yang berisi tentang pikiran Kristus. Jadi, jangan menunggu kehidupan kita baik, baru kita merubah cara berpikir kita, namun rubahlah cara berpikir kita dengan pikiran Kristus supaya kehidupan kita menjadi baik. Bagaimana menurut Anda?

Based on Talenta Renungan Inspirasi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s