Posted in Kotbah GBI ROCK Tampa, Rohani

The King’s Statement

Ps. Yosi Here

rockAda lima pernyataan yang diungkapan Yesus sebagai seorang Raja:

  1. “Ya Bapa ampunilah mereka”

1 Luk 23:34. Yesus berkata: “Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat.” Kedatangan Tuhan di dunia adalah untuk menyelamatkan manusia dari dosa. Penderitaannya di kayu salib menggambarkan bukti kasihNya kepada kita. Cerminan kasih Agape menggambarkan kasih Tuhan kepada kita tanpa syarat apapun. Ia mau kita menjadi kepunyaanNya.

  1. “Engkau bersama aku”

Luk 23:43. Kata Yesus kepadanya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus.” Masih ingatkah anda dengan penjahat yang disalib bersama Yesus? Ya, salah satu penjahat tersebut mengaku bahwa Yesus adalah Raja. Dalam Luk 23:42, Lalu ia berkata: “Yesus, ingatlah akan aku, apabila Engkau datang sebagai Raja.” Dan dalam Luk 23:43, Yesus memberikan jaminan keselamatan baginya.

  1. “Ibu inilah anakmu”

Yoh 19:26. Ketika Yesus melihat ibu-Nya dan murid yang dikasihi-Nya di sampingnya, berkatalah Ia kepada ibu-Nya: “Ibu, inilah, anakmu.” Hal utama bagi Yesus adalah hubungan keluarga. Tuhan mau memulihkan kehidupan keluarga kita. Hati yang hancur, persoalan yang datang, kadangkala membuat kita jauh kepada Tuhan. Ian gin hidup kita diperbaharui melalui kematianNya di kayu salib.

  1. “Eli, Eli lama sabakhtani”

Mat 27:46. Kira-kira jam tiga berserulah Yesus dengan suara nyaring: “Eli, Eli, lama sabakhtani?” Artinya: Allah-Ku, Allah-Ku, mengapa Engkau meninggalkan Aku.” Kalimat terakhir yang diucapkan Yesus menggambarkan seruannya kepada Bapa di Sorga. Yesus rela menerima penderitaan dan rasa sakit demi menyelamatkan kita semua. Kita pun dipulihakan dan disembuhkan sehingga kita mendapatkan hidup baru. Dosa memisahkan hubungan kita dengan Allah. Yesus menanggung hukum dosa supaya kita dapat terhubung kembali dengan Allah. Hal ini membuat mata Allah tertuju kepada kita yang sudah dipulihkan.

  1. “Aku haus”

Yoh 19:28. Sesudah itu, karena Yesus tahu, bahwa segala sesuatu telah selesai,   berkatalah Ia–supaya genaplah  yang ada tertulis dalam Kitab Suci “Aku haus!” Ketika kehidupan kita haus akan kebeneran Firman Tuhan dan kasih sayang, Yesus datang untuk memberikan kelegaan kepada kita. Firman bisa menjadi makanan rohani yang dapat memuaskan kehidupan kita agar kita tetap berjalan di dalam rencanaNya.

  1. “It is finish”

Yoh 19:30. Sesudah Yesus meminum anggur asam itu, berkatalah Ia: “Sudah selesai lalu Ia menundukkan kepala-Nya dan menyerahkan nyawa-Nya.” Kata “It is finish” dalam bahasa Ibrani adalah TETELESTAI, yang berarti “sudah selesai”. Dalam Yoh 4:34, “Kata Yesus kepada mereka: ‘MakananKu ialah melakukan kehendak Dia yang mengutus Aku dan menyelesaikan pekerjaanNya” ~ Yesus telah menyelesaikan pergumulan hidup anda. Janganlah kita berpikir bahwa keselamatan atas usaha kita, melainkan itu semua diberikan Tuhan kepada kita. Demikian yang terdapat pada Ef 2:8, “Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah.”

  1. “Dalam tanganmu kuserahkan nyawaku”

Luk 23:46. Lalu Yesus berseru dengan suara nyaring: “Ya Bapa, ke dalam tangan-Mu  Kuserahkan nyawa-Ku ” Dan sesudah berkata demikian Ia menyerahkan nyawa-Nya.” Tidak ada yang mengambil nyawa Yesus. Akan tetapi Tuhan menyerahkan nyawaNya bagi kita. Tuhan mengajarkan kita untuk berserah kepadaNya. Kita harus menyerahkan hidup kita secara total dan mau dipake olehnya. Karena dalam Luk 19:10 dikatakan, “Sebab Anak Manusia datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang.”

Sumber : Ringkasan kotbah Minggu (5 April 2015) di GBI R.O.C.K Tampa

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s