Posted in Motivasi, Renungan, Rohani

Nama Baik

Armstrong Williams“Nama baik lebih berharga dari pada kekayaan besar, dikasihi orang lebih baik dari pada perak dan emas.” (Amsal 22 : 1)

Pada suatu hari di musim panas, Armstrong Williams disuruh pergi ke toko oleh ayahnya untuk membeli kawat dan pagar untuk pertanian mereka. Di usia 16 tahun, Amstrong sangat senang jika ia disuruh-suruh untuk keperluan keluarga mereka, tetapi kali ini semangatnya kendor.

Hal ini terjadi karena kali ini ayahnya menyuruhnya untuk meminta kredit. Williams takut pada apa yang mungkin terjadi. Ia pernah melihat teman-temannya yang berkulit hitam minta kredit kemudian berdiri dengan kepala tertunduk, sementara pemilik toko mempertanyakan apakah mereka pantas untuk diberi kredit atau tidak. Namun demikian, tidak ada jalan baginya untuk menghindar dari tugas itu.

Ketika tiba saatnya ia membawa barang-barang yang dibelinya ke kasir, ia mengatakan dengan hati-hati, “Saya ingin membeli ini dengan kredit.” Petani setengah baya yang berdiri di sebelahnya menatap dengan heran bercampur sinis.

Namun wajah si pemilik toko tidak berubah. “Tentu saja,” katanya dengan pasti. “Ayahmu selalu bisa diandalkan”. Lalu ia menoleh kepada pria yang satu lagi dan berkata, “Dia ini putra James Williams”. Petani itu kini justru mengangguk ke arah Amstrong dengan sangat ramah. Amstrong muda kini dipenuhi dengan rasa bangga.

Putra James Williams. Tiga kata itu telah membukakan pintu untuk memperoleh rasa hormat orang dewasa. Pada hari itulah, kenang Williams, ia mendapati bahwa nama baik merupakan sesuatu yang sangat berharga karena dapat memberikan jasa baik dan memberikan keuntungan, dan bahwa menjaga nama baik keluarganya merupakan tanggung jawab yang penting.

Sobat Talenta, nama baik atau reputasi yang baik selalu memberikan keuntungan bagi pemiliknya, bahkan hingga anak cucu dan keturunan selanjutnya dari orang tersebut. Dan nama baik atau reputasi yang baik tidak diperoleh begitu saja, namun diperoleh karena sikap dan tingkah laku kita yang selalu sama baiknya dengan perkataan kita.

Jadi mari menjaga nama baik kita, karena nama baik kita jauh lebih berharga daripada kekayaan besar. Bagaimana menurut Anda?

Based on Talenta Renungan Inspirasi

Advertisements

One thought on “Nama Baik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s