Posted in Kotbah GBI ROCK Tampa, Rohani

Being His Disciples

Ps. Joshua Guana Tandjung

 rock1 Kor 3:10-11, “Sesuai dengan kasih karunia Allah, yang dianugerahkan kepadaku, aku sebagai seorang ahli bangunan yang cakap telah meletakkan dasar, dan orang lain membangun terus di atasnya. Tetapi tiap-tiap orang harus memperhatikan, bagaimana ia harus membangun di atasnya. Karena tidak ada seorang pun yang dapat meletakkan dasar lain dari pada dasar yang telah diletakkan, yaitu Yesus Kristus.”

Dalam Hos 6:6, ada dua macam cinta Tuhan, “Sebab Aku menyukai kasih setia (I desire mercy-Compassion), dan bukan korban sembelihan, dan menyukai pengenalan akan Allah (Yaw’dah-Passion), lebih dari pada korban-korban bakaran).”

Sebagai muri Tuhan, kita harus mengetahui tujuan hidup kita, mengerti identitas, misi dan visi kita. Dalam Rom 11:35, “Atau siapakah yang pernah memberikan sesuatu kepada-Nya, sehingga Ia harus menggantikannya?” Yesus adalah satu-satunya jalan untuk mendapatkan kehidupan kekal.

Terdapat tiga hal yang harus dilakukan sebagai murid Tuhan:

  1. Come

Kita dipilih oleh TUHAN karena berasal dari Dia. Dalam Kej 24:47, Sesudah itu aku bertanya kepadanya: Anak siapakah engkau? Jawabnya: Ayahku Betuel anak Nahor yang dilahirkan Milka. Lalu aku mengenakan anting-anting pada hidungnya dan gelang pada tangannya. Yoh 18:37b, “Jawab Yesus: “Engkau mengatakan, bahwa Aku adalah raja. Untuk itulah Aku lahir dan untuk itulah Aku datang ke dalam dunia ini, supaya Aku memberi kesaksian tentang kebenaran; setiap orang yang berasal dari kebenaran mendengarkan suara-Ku.” 1 Yoh 5:1a, “Setiap orang yang percaya, bahwa Yesus adalah Kristus, lahir dari Allah”. Yoh 15:16, “Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu.”

  1. Sit

Sebagai muridNya, kita dimeteraikan dengan perjanjianNya. Dalam Kej 24:54, “Sesudah itu makan dan minumlah mereka, ia dan orang-orang yang bersama-sama dengan dia, dan mereka bermalam di situ.” Jawab mereka: “Kami telah melihat sendiri, bahwa Tuhan menyertai engkau; sebab itu kami berkata: baiklah kita mengadakan sumpah setia, antara kami dan engkau; dan baiklah kami mengikat perjanjian dengan engkau, Kemudian Ishak mengadakan perjamuan bagi mereka, lalu mereka makan dan minum. (Kej 26:28,30)

  1. Walk

Ketika kita sebagai murid percaya kepadaNya, hal ini bukan berarti bahwa kita mengikutinya. Untuk menerima keselamatan, kita tidak perlu bekerja. Akan tetapi untuk hidup dalam Roh, kita perlu berjalan dan dipimpin oleh roh. Hidup dalam roh, bukanlah kita menonton hal-hal dari Roh, tetapi berjalan menurut Roh. Dalam Rom 8:5-6, “Sebab mereka yang hidup menurut daging, memikirkan hal-hal yang dari daging; mereka yang hidup menurut Roh, memikirkan hal-hal yang dari Roh. Karena keinginan daging adalah maut, tetapi keinginan Roh adalah hidup dan damai sejahtera.”

Sumber : Ringkasan kotbah Minggu (15 Maret 2015) di GBI R.O.C.K Tampa

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s