Posted in Kotbah GBI ROCK Tampa, Rohani

Inspirational Love

Ps. Yosi Here

 rockValentine tidak hanya berbicara tentang memberi dan mengasihi. Namun lebih mengarah bagaimana kita bisa menerima kelebihan dan kekurangan pasangan kita. Kadangkala rasa cinta yang muncul hanya sampai dengan perasaan. Namun Tuhan menghendaki agar kita memiliki komitmen dan saling mengerti satu sama lain. 15Ketika kita berkomitmen, maka kita akan menuju pengambilan keputusan untuk mencintai. Yesus datang mengambil keputusan untuk mencintai kita meskipun dunia menolak kehadiranNya. Ia rela mati untuk menebus dosa kita karena cintaNya kepada kita.

Ef 4:16, “Dari pada-Nyalah seluruh tubuh, yang rapih tersusun dan diikat menjadi satu oleh pelayanan semua bagiannya, sesuai dengan kadar pekerjaan tiap-tiap anggota menerima pertumbuhannya dan membangun dirinya dalam kasih.” Kita diajar untuk berbagi kasih antar satu sama lain karena setiap orang memiliki peranan masing-masing.

Berbagi kasih bukan apa yang kita lihat dan yang kita dengar saja, melainkan apa yang kita lakukan dalam kehidupan kita. Ketika kita menghargai dan menghormati satu sama lain, maka orang lain akan memberikan respon yang sama kepada kita.

Kasih itu adalah progresif. Tuhan mau agar kasih itu bertumbuh dan semakin kuat. Bukan karena masalah yang sedang kita hadapi saat ini, namun kasih itu akan semakin kuat dan bertumbuh ketika kita mau mengasihi tanpa alasan. C.S. Lewis mengatakan, “Kasih agape adalah tingkat tertinggi dari cinta untuk manusia, cinta tanpa pamrih, cinta yang berkomitmen penuh gairah untuk kesejahteraan orang lain.” (Agape love is the highest level of love known to humanity, a selfless love, a love that is passionately committed to the well-being of others).

Ada 4 hal apa yang cinta katakan (what loves says):

  1. Aku mencintaimu jika kamu mencintaiku (I will love you if you love me)
  2. Aku akan mencintaimu jika ada sesuatu yang keluar dari anda (I will love you when I get something out of loving you)
  3. Aku akan mencintaimu jika ada hubungan emosional kepadamu (I will love you when I feel emotionally connected to you)
  4. Aku akan mencintai jika itu nyaman untuk saya (I will love you when it is convenient for me)

 

Berbeda halnya dengan apa yang cinta Tuhan katakan (What God’s love say):

  1. Aku akan mencintaimu bahkan jika kamu tidak mencintaiku (I will love you even if you don’t love me)
  2. Aku akan mencintaimu meskipun kamu tidak melakukan apapun untuk aku (I will love you even if you don’t do anything for me)
  3. Aku akan mencintai ketika engkau tidak layak dicintai (I will love you when you are unlovable)
  4. Aku akan mencintai meskipun ada harga yang harus ku bayar (I will love you even when it costs me)

 

Zef 3:17, “TUHAN Allahmu ada di antaramu sebagai pahlawan yang memberi kemenangan. Ia bergirang karena engkau dengan sukacita, Ia membaharui engkau dalam kasih-Nya, Ia bersorak-sorak karena engkau dengan sorak-sorai.” Tuhan bisa hadir di antara kita dan memberikan kemenangan. Dia tidak pernah menyerah di dalam kehidupan kita untuk menolong kita. Maukah kita memberikan kasih seperti halnya Yesus memberikan kasihNya kepada kita?

Sumber : Ringkasan kotbah Minggu (15 Pebruari 2015) di GBI R.O.C.K Tampa

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s