Posted in Kotbah GBI ROCK Tampa, Rohani

Love Languages

Bpk. Budiman Koswara

rockCinta adalah sebuah kebutuhan yang diperlukan oleh semua orang. Demi cinta, apapun akan dilakukan demi menyenangkan hati pasangannya. Namun pernahkah anda berpikir bagaimana kehidupan sebuah pasangan setelah mereka menikah? Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Dr. Dorothy Tennov, seorang psikologi asal Amerika, menyatakan bahwa pengalaman jatuh cinta. Menurut Gary D. Chapman, penulis buku “The Five Love Languages: How to Express Heartfelt Commitment to Your Mate”, terdapat 5 bahasa kasih:

  1. Kata-kata Pujian (Words of Affirmation)

Ams 31:26, “Ia membuka mulutnya dengan hikmat, pengajaran yang lemah lembut ada di lidahnya.” Ada orang yang bahasa kasihnya adalah kata-kata pujian. Ketika orang tersebut dipuji, dia akan merasa bahwa dia dicintai. Perhatian dan hadiah bukanlah hal utama bagi orang yang memiliki karakter seperti ini. Tanpa sebuah pujian, orang tidak akan merasa dicintai. Banyak pasangan kurang mengetahui bahwa kekuatan yang luar biasa bisa diperoleh dari kata-kata yang mendukung antar satu sama lain. Hal ini dapat diungkapkan melalui kata-kata positif dan diutarakan secara jujur. Ini semua bisa menjadi komunikator yang efektif.

  1. Waktu yang berkualitas (Quality Time)

Banyak pasangan tidak bahagia meskipun harta mereka melimpah dan kehidupan serba ada. Hal ini dikarenakan salah satu pasangan atau keduanya membutuhkan waktu yang berkualitas. Apa artinya? Yakni sebuah waktu bersama antar satu sama lain. Kebersamaan sangat dibutuhkan untuk orang-orang yang memiliki karakter seperti ini. Mereka akan merasa dicintai ketika pasangan mereka memberikan perhatian melalui sebuah percakapan dan aktifitas bersama. Tidak masalah apa yang diberikan oleh pasangan mereka karena mereka lebih menghargai waktu untuk menjalani hidup bersama.

  1. Menerima Hadiah-Hadiah (Receiving Gifts)

Yak 1:17, “Setiap pemberian yang baik dan setiap anugerah yang sempurna, datangnya dari atas, diturunkan dari Bapa segala terang; pada-Nya tidak ada perubahan atau bayangan karena pertukaran.” Hadiah adalah sebuah sombol yang melambangkan perasaan cinta akan sesamanya. Pada umumnya, mereka menuangkan rasa sayang mereka melalui sebuah hadiah seperti bunga, coklat, dan banyak lagi. Orang yang memiliki karakter seperti ini akan merasa dicintai ketika pasangan mereka memberikan sebuah hadiah. Tidak diperlukan harga yang mahal untuk membelikan sebuah hadiah, namun itu semua lebih diarahkan ke dalam cinta dan kasih sayang.

  1. Tindakan Melayani (Acts of Service)

1 Yoh 3:18, “Anak-anakku, marilah kita mengasihi bukan dengan perkataan atau dengan lidah, tetapi dengan perbuatan dan dalam kebenaran.” Bila pasangan anda memiliki bahasa cinta berupa tindakan melayani, maka diperlukan perencanaan yang matang, waktu yang tepat, dan usaha yang lebih. Hal ini tentunya dibutuhkan tenaga ekstra. Anda bisa membuat daftar apa saja yang diinginkan oleh pasangan anda. Di sisi lain, ketika pasangan anda tidak ada di rumah, ajaklah anak-anak anda untuk membantu membersihkan rumah, mencuci piring, dan mempersiapkan makan malam untuk memberikan kejutan bagi pasangan anda.

  1. Sentuhan Fisik (Physical Touch)

Mark 10:16, “Lalu Ia memeluk anak-anak itu dan sambil meletakkan tangan-Nya atas mereka Ia memberkati mereka.” Sentuhan fisik sangat dibutuhkan bagi pasangan yang memiliki karakter seperti ini. Artinya bahwa ini akan berarti bagi mereka ketika anda memeluknya tatkala mereka sedang gundah atau merasa tidak aman. Pasangan ini akan sangat menunggu belaian rambut dari anda, menyentuh pipinya, atau menciumnya di saat anda sedang bercengkrama.

 

Kita harus tahu bahasa kasih pasangan kita terlebih dahulu. Hal ini akan membantu kita untuk membangun keharmonisan dalam rumah tangga. Manakah karakteristik bahasa kasih anda?

Sumber : Ringkasan kotbah Minggu (25 Januari 2015) di GBI R.O.C.K Tampa

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s