Posted in Kotbah GBI ROCK Tampa, Rohani

Tidak Tergoncangkan

Ps. Yosi Here

rockKetika kita berada di jalan Tuhan, kita tidak akan mudah digoncangkan. Apa maksudnya? Itu semua karena kita berada di jalan yang tepat. Melalui Firman Tuhan, maka hidup kita akan berubah.

Sering kita temui banyak orang telah mendengarkan Firman Tuhan sejak dini atau sewaktu mereka bertobat. Namun, ingatlah bahwa Firman itu hidup. JIka kita memegang janjiNya, maka Firman Tuhan akan digenapi dalam hidup kita.

Firman tidak akan masuk dalam diri kita jika kita menolak dan mengeraskan hati. Dalam Ibr 12:25, dikatakan “Jagalah supaya kamu jangan menolak Dia, yang berfirman. Sebab jikalau mereka, yang menolak Dia yang menyampaikan firman Allah di bumi, tidak luput, apa lagi kita, jika kita berpaling dari Dia yang berbicara dari sorga?”

Janganlah mengeraskan hatimu ketika kamu menerima Firman (Ibr 3:15). Hati berbicara tentang perasaan dan pikiran. Jika kita masih tidak mau mengindahkanNya, maka Firman itu tidak akan berbicara dalam diri kita.

Mendengar tanpa melakukan Firman, itu sia-sia. Firman memberikan kekuatan yang baru bagi orang yang percaya. Dalam Ibr 12:26-27, “Waktu itu suara-Nya menggoncangkan bumi, tetapi sekarang Ia memberikan janji: “Satu kali lagi Aku akan menggoncangkan bukan hanya bumi saja, melainkan langit juga. Ungkapan “Satu kali lagi” menunjuk kepada perubahan pada apa yang dapat digoncangkan,karena ia dijadikan supaya tinggal tetap apa yang tidak tergoncangkan.” Jadi, jIka kita mendapat pergumulan dan menggoncangkan hidup kita, kita harus belajar bersyukur. Ujian dan masalah akan menjadi alat ukur apakah iman kia mudah digoncangkan atau tidak.

Why 20:11; 21:1 – “Lalu aku melihat suatu takhta putih yang besar dan Dia, yang duduk di atasnya. Dari hadapan-Nya lenyaplah bumi dan langit dan tidak ditemukan lagi tempatnya. Lalu aku melihat langit yang baru dan bumi yang baru,sebab langit yang pertama dan bumi yang pertama telah berlalu, dan lautpun tidak ada lagi.” Saat ini, kita sedang menyongsong kedatangan Tuhan. Pegang, hidupi, dan lakukan Firman, maka janjiNya akan digenapi.

Ibr 12:28, “Jadi, karena kita menerima kerajaan yang tidak tergoncangkan, marilah kita mengucap syukur dan beribadah kepada Allah menurut cara yang berkenan kepada-Nya, dengan hormat dan takut. Sebab Allah kita adalah api yang menghanguskan.” Tuhan mau kita beribadah dan memiliki hidup yang benar di hadapanNya. Jadi, marilah kita membangun hidup kita untuk menyenangkan hatiNya. Lalu bagaimana memiliki ibadah yang berkenan kepada Tuhan?

  1. Tunduk Kepada Tuhan

Mzm 24:3-4, “Siapakah yang boleh naik ke atas gunung TUHAN? Siapakah yang boleh berdiri di tempat-Nya yang kudus? Orang yang bersih tangannya dan murni hatinya, yang tidak menyerahkan dirinya kepada penipuan, dan yang tidak bersumpah palsu. Dialah yang akan menerima berkat dari TUHAN dan keadilan dari Allah yang menyelamatkan dia.” Setiap orang seharusnya mengambil waktu untuk dirinya agar bisa mengambil waktu kepada Tuhan.

  1. Tunduk Kepada Pemimpin

Ibr 13:17a, “Taatilah pemimpin-pemimpinmu dan tunduklah kepada mereka, sebab mereka berjaga-jaga atas jiwamu, sebagai orang-orang yang harus bertanggung jawab atasnya.”

Jadi bagaimana sikap kita dalam ibadah? Dalam Ibr 10:22 berkata “Karena itu marilah kita menghadap Allah dengan hati yang tulus ikhlas dan keyakinan iman yang teguh, oleh karena hati kita telah dibersihkan dari hati nurani yang jahat dan tubuh kita telah dibasuh dengan air yang murni.”

Ibadah yang terbaik adalah ibadah yang yang dengan tulus dan dengan iman. Janganlah pernah menyerah ketika jawaban belum datang menjawab pergumulan kita. Karena right happening akan terjadi tepat pada waktunya sesuai dengan jalanNya. Maukah anda memiliki iman yang tidak tergoncangkan?

Sumber : Ringkasan kotbah Minggu (12 Oktober 2014) di GBI R.O.C.K Tampa

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s