Posted in Kotbah GBI ROCK Tampa, Rohani

Set Free

Ps. Yosi Here

rockSetiap orang belajar tentang arti sebuah kemerdekaan. Kemerdekaan bukan karena hasil yang singkat, tapi butuh sebuah proses. Kemerdekaan akan kita dapatkan ketika kita berjuang menghadapi kehidupan. Jadi apabila Anak itu memerdekakan kamu, kamupun benar-benar merdeka (Yoh 8:36). Ada 6 kemerdekaan yang Tuhan ingikan dalam kehidupan kita:

  1. Merdeka dari Hukum Taurat (Freedom from Law)

Rm 7: 1-7. Kita diatur dengan hukum yang ada di dunia. Ketika seseorang hidup dalam hukum Taurat, kita akan tahu apakah dia adalah orang berdosa atau tidak. Kedatangan Yesus menghapus hukum Taurat agar kita merasakan hukum kasih karunia. Hukum kasih karunia adalah hukum yang membuat kita hidup karena sebuah anugerah, baik melalui pemberian nafas kepada kita, kekuatan dalam melakukan segala sesuatu, dsb. Dalam Yak 2:10 “Sebab barangsiapa menuruti seluruh hukum itu, tetapi mengabaikan satu bagian dari padanya, ia bersalah terhadap seluruhnya.” Yesus datang untuk memberi kita hidup dan mempunyai segala kelimpahan. (Yoh 10:10b)

  1. Merdeka dari Kekuatiran (Freedom from Worry)

Saat ini, banyak orang menjadi kuatir ketika melihat keadaan ekonomi sedang goncang, terjadi politik di Indonesia, dan banyak hal mengganggu kehidupan mereka. Sebuah statistik di University of Wisconsin menemukan gejala-gejala yang umumnya membuat orang kuatir dan mereka mengelompokkannya ke dalam 5 bagian. 40% orang memikirkan hal-hal yang tidak pernah terjadi. 30% orang mengkuatirkan hal yang tidak pernah bisa dirubah. 22% orang mengkuatirkan hal-hal yang kecil. Dan 8% orang mengkuatirkan apa yang dimiliki. Kekuatiran membuang-buang waktu saat ini untuk mengacaukan peluang besok dengan masalah kemarin. (worry is wasting today’s time to clutter up tomorrow’s opportunities with yesterday’s trouble).

  1. Merdeka dari Rasa Takut (Freedom from Fear)

Ketakutan seringkali menghantui manusia akan masa depan mereka. Hal ini membuat kita kehilangan damai sejahtera. Dalam Luk 12:4-5, “Aku berkata kepadamu, hai sahabat-sahabat-Ku, janganlah kamu takut terhadap mereka yang dapat membunuh tubuh dan kemudian tidak dapat berbuat apa-apa lagi. Aku akan menunjukkan kepada kamu siapakah yang harus kamu takuti. Takutilah Dia, yang setelah membunuh, mempunyai kuasa untuk melemparkan orang ke dalam neraka. Sesungguhnya Aku berkata kepadamu, takutilah Dia!” (1 Yoh 4:18)

  1. Merdeka dari Tidak Adanya Harap (Freedom from Hoplessness)

Why 21:5a, “…Ia yang duduk di atas takhta yaitu berkata: “Lihatlah, Aku menjadikan segala sesuatu baru!…” Yesus selalu memberikan pengharapan kepada kita. Jadi berdoalah dan meminta pengharapan kepadaNya dalam hidupmu.

  1. Merdeka dari Tanpa Tujuan (Freedom from Purposelessness)

Ef 2:10, “Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya.” Ketika Yesus hidup dalam diri kita, maka kita akan mempunyai L.I.G.H.T. (Love, Integrity, Generosity, Humility, Truth). Kita juga harus memiliki kualitas gambaran kerajaan Sorga, yakni: Spiritual (Spiritual), Authority (Otoritas), Leadership (Kepemimpinan), Transformer (Transformer).

  1. Merdeka dari Tuduhan (Freedom from Condemnation)

Manusia tidak merasakan meredeka tatkala mereka masih merasa tertuduh oleh masa lalu. Tuhan telah menebus dosa kita dengan mati di kayu salib. Dalam Rm 8:1, “Demikianlah sekarang tidak ada penghukuman bagi mereka yang ada di dalam Kristus Yesus.” Iblis akan selalu menuduh dan menghantui hidup kita jika kita tidak merasakan kemerdekaan dari Tuhan. Untuk itu ingatlah, bahwa dosamu telah diampuni.

Sumber : Ringkasan kotbah Minggu (17 Agustus 2014) di GBI R.O.C.K Tampa

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s